Jumlah Mall di Jakarta 2014
Home » » Jumlah Mall di Jakarta 2014

Jumlah Mall di Jakarta 2014

Jumlah Mall di Jakarta ada 173 Mall,  kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Untuk itu moratorium pembangunan mal diwacanakan dengan alasan, jumlah mal saat ini menurut sudah terlalu padat. Jokowi mengaku tidak akan mengeluarkan izin pembangunan mal lagi.

Mall di Jakarta


"Sekarang fokus pada pembenahan pasar tradisional," lanjut Joko Wi seperti dikutip di situs tempo.co. Tujuannya, agar pergerakan ekonomi sampai ke masyarakat lapisan bawah. Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta berpendapat pembangunan mal tidak dapat diteruskan karena kondisi infrastruktur tidak memadai.

Ahok menilai mal di tengah kota sebagai biang kemacetan dan menyarankan agar pembangunan mal dilakukan di pinggiran seperti Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Karena mal di kawasan tersebut masih sedikit dan infratstruktur pendukung terbilang memadai.

Head of Research and Advisory Cushman and Wakefield, Arief Rahardjo, ketika dihubungi Tempo, mengatakan mal di tahun 2013 ini sudah berdiri di lahan seluas 3.920.618 meter persegi. Cushman and Wakefield, konsultas properti, merilis data yang menyatakan bahwa jumlah mall di Jakarta memang sudah terlampau padat, tiap tahunnya jumlah mal tumbuh 3,9 persen.

Kebijakan moratorium pembangunan pusat belanja baru di Jakarta berdampak pada penurunan suplai baru. Peritel kesulitan melakukan ekspansi akibat keterbatasan ruang ritel. Suplai baru pusat belanja di Ibukota selama kuartal II 2013 hanya 280.000 meter persegi, dengan tingkat serapan sekitar 85 hingga 90 persen.

Hal ini tentu saja melahirkan tantangan sekaligus peluang bagi pengembang. Orientasi mereka pun bergeser ke pinggiran. Kawasan-kawasan pinggiran yang potensial untuk pengembangan mal antara lain Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Selama kuartal II 2013, Bekasi dan Tangerang berkontribusi terhadap pemenuhan pasok mal sebanyak 35 persen dan 37 persen dari total 2,03 juta meter persegi.

Senior Associate Director Retail Service Colliers International Steve Subadi J. Sudijanto mengatakan hingga 2016, terdapat 11 pusat belanja baru termasuk Bintaro Xchange Mall. Enam di antaranya sedang dalam tahap konstruksi. Sementara 5 lainnya masih dalam taraf perencanaan


1 comments:

  1. Banyak betul mall di Jakarta ya, nice info gan :)


    http://pendaftaran-cpns.blogspot.com/

    BalasHapus

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved