Asal Usul Martabak Indonesia
Home » » Asal Usul Martabak Indonesia

Asal Usul Martabak Indonesia

Di Indonesia, hampir setiap orang mengenal makanan yang satu ini, martabak. Tapi apakah tahu juga asal usul Martabak tersebut? Tahukah Anda Martabak paling enak di Jakarta? Mengapa ada dua macam martabak? Entah benar atau tidak, berikut sedikit penjelasannya.

Konon katanya asal usul martabak berasal dari India. Jika dikaitkan dengan bentuk makanan di India yang mirip martabak adalah Purata, Nan, Roti Cane. Roti Cane, Chappaty, Poory, Samosa, yang masuk dalam kategori makanan sedang atau ringan, namun bisa juga menjadi menu makanan utama disana. Selain itu ada yang namanya moortaba, dengan cara membuatnya: Adonan tepung terigu yang dibentuk sebesar telur ayam, kemudian dibanting-banting dan dilebarkan di atas marmer atau kaca tebal agar membentuk ukuran berdiameter kurang lebih 40 cm. Kemudian adonan tersebut kemudian diisi telur/kentang dan digoreng. Setelah itu makanan tersebut dihidangkan dengan kare/gulai kambing.


Asal Usul Martabak Enak Indonesia


Moortaba tersebut yang sangat mirip martabak di Indonesia. Lantas siapa yang menyebarkan di Indonesia? 


Asal Usul Martabak Indonesia


Dari beberapa sumber menyebutkan:

Pada sekitar awal tahun 1930-an, Ahmad bin Kyai Abdul Karim seorang pemuda yang berasal dari Lebaksiu, Tegal - Jawa Tengah, berkenalan dengan seorang pemuda berasal dari negeri India bernama Abdullah bin Hasan Almalibary di kota Semarang saat berdagang di sebuah pameran.

Abdullah pun diajak berkunjung ke kampung halaman Ahmad di desa Lebaksiu kidul dan berkenalan dengan adik perempuan Ahmad yang bernama Masni binti Kyai Abdul Karim. Kemudian Abdullah mempersunting adik perempuan Ahmad pada tahun 1935.

Abdullah atau biasa disebut Tuan Duloh seorang saudagar pada zaman itu yang memiliki keahlian membuat makanan India yang terbuat dari adonan terigu yang bernama Moortaba. Dengan sedikit variasi dalam mengubah makanan India tersebut, maka terciptalah nama Martabak yang sangat berbeda dengan aslinya dari India.

Di dalam kisah perjalanan Abdullah tersebut, beberapa tokoh Lebaksiu membenarkan kisah tersebut. Dan banyak masyarakat Lebaksiu (Tegal) yang merantau ke beberapa kota di Jawa untuk berdagang Martabak terutama pada saat-saat ada kegiatan pasar malam. Akhirnya makanan modifikasi dari India tersebut menyebar luas di tanah air.

Martabak paling enak di Jakarta


Ada sumber lain yang mengatakan bahwa Martabak (bahasa Arab: مطبق, berarti "terlipat") berasal mula dari wilayah Hijaz karena merupakan makanan yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), kemudian menyebar ke India.

Dalam perkembangannya, nama martabak di bagi dalam 2 jenis, yaitu martabak telor (asin) dan martabak manis yang di beberapa tempat menyebut dengan terang bulan dan sangat berbeda jauh dengan martabak telur baik itu dari bahan sampai pengolahannya.


Kumau Info - Asal Usul Martabak  Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved