Baju Harum Bebas Apek
Home » » Baju Harum Bebas Apek

Baju Harum Bebas Apek

Bau apek pada baju merupakan masalah umum di wilayah yang berkelembapan udara tinggi seperti Indonesia. Baik baju yang sudah dicuci maupun baju yang baru dikeluarkan dari lemari pakaian, semua bisa menjadi berbau apek karena berbagai hal. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui trik mencegah dan cara menghilangkan bau apek pada baju. Masalah yang terlihat sepele ini bisa jadi menyebalkan kalau dibiarkan.



Baju Harum Bebas Apek


Ada banyak penyebab baju jadi berbau apek, cara terbaik untuk mengatasinya adalah mencari tahu penyebabnya. Simak tips di bawah ini. Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan, Anda bisa meringankan pekerjaan rumah tangga karena Anda tidak perlu mencuci ulang pakaian.


Baju tidak kering sempurna

Masalah standar di musim penghujan adalah baju masih agak lembap tapi sudah diangkat dari jemuran karena tidak sabar atau berharap proses menyetrika akan mengeringkannya. Solusinya sederhana saja, bersabarlah menunggu hingga cucian benar-benar kering. Periksa bagian kerah, jahitan di bagian ketiak dan jahitan bagian pinggang untuk rok atau celana. Sedikit saja kelembapan yang tersisa di baju sudah cukup bagi bakteri peyebab bau apek untuk tumbuh. Jika baju yang masih lembap itu diangkat dari jemuran, dilipat, dan disimpan di lemari baju yang tertutup, maka kelembapannya akan bertahan terus. Jadi meski baju sebenarnya sudah bersih, tapi baunya tetap apek. Seperti dijelaskan di https://www.rinso.co.id/tips-mesin-cuci/cara-menghilangkan-bau-apek-pada-pakaian/, cara menghilangkan bau apek pada baju yang termurah dan paling ampuh adalah dengan menjemurnya di udara terbuka di bawah sinar matahari. Mudah kan?

Cucian kurang bersih

Memakai mesin cuci untuk mencuci baju adalah cara paling praktis, tapi ingat untuk tidak memasukkan terlalu banyak cucian sekaligus. Idealnya, mesin cuci hanya diisi tiga perempat penuh. Tujuannya agar mesin cuci bisa bekerja maksimal sehingga tidak ada noda dan bau tak sedap yang tertinggal di akhir siklus cuci. Selain itu juga agar tidak ada deterjen yang tersisa di cucian. Cara paling mudah untuk memeriksa apakah cucian sudah bersih adalah dengan menciumnya di akhir siklus cuci.

Mesin cuci tidak bersih

Pernah terpikir kah Anda bahwa mesin cuci bisa malah jadi penyebab bau apek pada baju? Coba perhatikan tabung cuci mesin cuci waktu kosong, kalau baunya kurang sedap mungkin ini saatnya untuk membersihkannya. Beli bubuk pembersih mesin cuci atau menggunakan secangkir cuka putih, masukkan ke laci deterjen di mesin cuci, kemudian pilih siklus cuci dengan air panas tapi mesin cuci dalam kondisi kosong. Untuk mencegah bau tak sedap ini, coba biarkan pintu mesin cuci terbuka setiap habis dipakai mencuci. Tujuannya adalah agar tabung cuci kering sehingga bakteri tidak bermunculan di dalamnya.

Baju kotor lembap menumpuk

Tidak mencuci baju setiap hari itu biasa. Sambil menunggu cukup banyak cucian bisa dicuci sekaligus, sebaiknya jangan menumpuk baju kotor yang lembap. Angin-anginkan baju kotor yang lembap hingga kering sambil menunggu giliran dicuci. Baju lembap yang dibiarkan menumpuk lama akan menjadi lahan perkembangbiakan bakteri, jadi jangan biarkan itu terjadi.

Nah, tidak sulit bukan mencegah dan memahami cara menghilangkan bau apek pada baju? Sedikit trik pintar bisa menghemat waktu mengerjakan pekerjaan rumah dan baju pun tetap wangi lebih lama.

Baca juga: Manfaat Yoghurt


Baju Harum Bebas Apek - Kumau info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved