Beda Aktivitas, Beda Kaos Kaki
Home » » Beda Aktivitas, Beda Kaos Kaki

Beda Aktivitas, Beda Kaos Kaki

Beda Aktivitas, Beda Kaos Kaki - Mungkin Anda pernah mengalami kaki berkeringat berlebih, kaki lecet, atau cedera pada kaki yang lain. Bisa jadi kaos kaki yang Anda pakai tidak sesuai dengan aktivitas Anda saat itu sehingga kaos kaki tidak berfungsi maksimal. Selain cara menghilangkan bau kaos kaki, tidak ada salahnya Anda mencari tahu jenis kaos kaki yang sesuai dengan kegiatan Anda.

Kaos kaki memiliki banyak fungsi dan terbuat dari berbagai bahan tergantung keperluan si pemakai. Misalnya, kaos kaki kasual berbeda bahan dan fungsi dengan kaos kaki untuk mendaki. Memilih bahan dan model kaos kaki yang tepat akan membuat kaki Anda lebih nyaman sekaligus terhindar dari cedera.


Beda Kaos Kaki


Kaos Kaki Berdasarkan Aktivitas

  • Kaos kaki untuk jalan kaki. Bagian bawahnya biasanya agak tebal yang berfungsi sebagai bantalan. Bahannya menyerap air dan mampu mengeringkannya secara cepat sehingga mencegah kelembapan berlebih. 
  • Kaos kaki atletik. Kaos kaki kategori ini memiliki banyak pilihan, mulai dari kaos kaki olah raga standar putih hingga model yang lebih teknis seperti untuk jogging dan cross-training. Kebanyakan memiliki bantalan di bagian tumit, namun berbahan tipis secara keseluruhan. 
  • Kaos kaki kasual. Biasanya hadir dalam berbagai pilihan warna dan motif serta berbahan tipis. Fokusnya terletak pada kenyamanan bahan seperti katun dan wol merino. 
  • Kaos kaki mendaki. Dibedakan ke dalam dua tipe, yaitu tipe yang berbahan tipis untuk aktivitas mendaki ringan dan tipe berbahan lebih tebal untuk mendaki yang lebih serius. Keduanya memiliki kemampuan mencegah kelembapan berlebih untuk menghindarkan kaki dari lecet akibat keringat atau air. Kaos kaki untuk mendaki ringan hanya berbahan lebih tebal pada bagian tumit dan kaki bagian depan. Sedangkan kaos kaki untuk mendaki jarak jauh berbahan lebih tebal secara keseluruhan untuk melindungi kaki dari suhu rendah dan medan berbatu. 
Kaos Kaki Khusus
  • Kaos kaki berjari. Mirip sarung tangan, kaos kaki ini memiliki sarung untuk menyelubungi setiap jari kaki. Tujuannya adalah untuk mencegah lecet akibat jemari kaki saling bergesekan. 
  • Kaos kaki liner. Ini merupakan jenis kaos kaki yang dipakai sebagai lapisan pertama sebelum mengenakan kaos kaki yang lebih tebal. Biasanya dikenakan saat mendaki gunung. Kaos kaki liner berfungsi untuk menyerap kelembapan dan meneruskannya ke kaos kaki bagian luar yang bisa menjadi penghantar kelembapan hingga menguap. 

Kaos Kaki Berdasarkan Bahan

Cara menghilangkan bau kaos kaki tergantung pada jenis bahan kaos kaki juga, jadi perhatikan petunjuk perawatannya.
  • Katun. Bahan katun 100% tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Katun memang nyaman dipakai, murah, dan cepat menyerap kelembapan. Namun katun perlu waktu lama untuk kering, sehingga kaki akan lembap dalam waktu lama. Kaos kaki katun cocok untuk aktivitas yang tidak terlalu intens dan kurang pas untuk berolah raga. 
  • Sutera. Bahan ini lembut dan nyaman di kaki serta cepat menyerap keringat dan cepat kering. Sutera juga sering dipakai pada kaos kaki liner sebagai insulator. Kelemahannya adalah sensitif dan rentan rusak. 
  • Bahan sintetis. Biasanya terdiri dari kombinasi beberapa bahan seperti nilon dan lycra. Bahan ini biasanya bisa melekat sempurna mengikuti bentuk kaki dan mempertahankan bentuk asli kaos kaki. Bahan ini juga efisien menyerap kelembapan, cepat kering, tahan lama, dan memberi bantalan pada kaki. Kekurangannya adalah sedikit kurang nyaman di cuaca panas dan fungsi insulasinya berkurang ketika basah. 
  • Wol merino. Bahan ini tidak menyebabkan gatal di kulit serta nyaman dipakai di cuaca panas atau dingin karena kemampuannya menyesuaikan dengan suhu sekitarnya dan efisien menyerap air. Kekurangannya adalah bahan ini perlu waktu sedikit lebih lama untuk kering dibanding bahan sintetis dan harganya lebih mahal. 
Sekarang Anda sudah memahami berbagai jenis kaos kaki. Silakan pilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan kegiatan. Satu hal yang perlu diingat, pilih cara menghilangkan bau kaos kaki yang terbaik demi kenyamanan Anda dan orang-orang di sekeliling Anda.


Beda Aktivitas, Beda Kaos Kaki - Kumau Info

1 comments:

  1. Kaos kakinya unik bang.
    Saya cuma punya dua kaos kaki dirumah.
    ckckckkk
    Dipake kalau kerja aja. Terimakasih
    lasealwin.info

    BalasHapus

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved