Tips Mengelola Pakaian Kotor Saat Liburan Keluarga
Home » » Tips Mengelola Pakaian Kotor Saat Liburan Keluarga

Tips Mengelola Pakaian Kotor Saat Liburan Keluarga

Sebagian di antara Anda mungkin berencana mengajak keluarga berlibur akhir tahun sekalian memanfaatkan hari libur nasional. Merencanakan liburan dan mengantisipasi kegembiraan semua anggota keluarga kadang menjadi bagian paling menyenangkan. Jangan biarkan urusan logistik mengganggu kesenangan menjelang liburan. Satu hal yang biasanya membuat pusing adalah urusan pakaian, mulai dari berapa baju yang perlu dibawa, cara mengepak agar ringkas dan tidak melebihi jatah bagasi di pesawat, hingga cara menghilangkan bau kaos kaki dan pakaian kotor lainnya selama menginap agar tumpukan pakaian kotor tidak menyebarkan bau ke seluruh penjuru kamar.


Saat Liburan Keluarga

Pakaian renang, pakaian dalam, dan kaos kaki kotor biasanya menjadi sumber penyebab bau di tumpukan pakaian kotor selama menginap. Idealnya, pakaian kotor perlu segera dicuci, tapi sering kali ongkos mencuci di hotel begitu mahal. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk itu, cuci pakaian-pakaian kecil, seperti kaos kaki dan pakaian dalam kotor, di wastafel dengan sebungkus kecil deterjen yang dibawa dari rumah. Anda tidak perlu mencucinya hingga sempurna karena ini hanya sebagai cara menghilangkan bau kaos kaki dan pakaian dalam kotor sementara. Sesampainya di rumah, Anda perlu mencuci semuanya kembali lebih tuntas.

Selain itu, tips berikut ini juga bisa membantu mencegah bau tidak sedap muncul pada pakaian selama liburan:
  1. Keluarkan baju dari koper. Setiba di penginapan, jangan langsung pergi jalan-jalan dan membiarkan pakaian di dalam tas atau koper. Gantung baju-baju di hanger yang tersedia atau menumpuknya rapi di lemari. Selain mencegah bau apek muncul, pakaian pun terhindari dari kusut. Anda pun lebih mudah memilih baju. 
  2. Pisahkan pakaian kotor. Jika Anda tidak bisa mencuci atau mencucikan pakaian selama menginap, pisahkan pakaian kotor dengan menempatkannya di plastik tertutup atau di laci terpisah. Jika Anda tidak ingin memakai jasa cuci hotel, sebaiknya Anda menggunakan plastik Anda sendiri yang dibawa dari rumah. Petugas hotel akan menganggap Anda ingin memakai jasa cuci hotel jika Anda menempatkan pakaian kotor di dalam plastik cuci milik hotel. Sesampai di rumah, segera buka bungkusan tersebut dan cuci pakaian kotornya. 
  3. Masukkan satu atau beberapa lembar tisu basah yang mengandung pewangi namun tidak mengandung pewarna ke dalam koper. Anda juga bisa melakukan trik ini pada kantong pakaian kotor untuk sekadar melawan bau tidak sedap di dalamnya. 
  4. Manfaatkan sabun kering. Sabun yang disediakan tempat penginapan juga bisa berfungsi sebagai pewangi di koper dan kantong pakaian kotor. Sebaiknya gunakan sabun kering, bukan sabun basah karena sudah dipakai untuk mandi. Sabun dari tempat penginapan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada sabun biasa. Guna mencegah sabun mengenai pakaian, bungkus sabun dalam plastik yang telah dilubangi di beberapa tempat atau biarkan sabun di bungkus aslinya lalu gunakan ujung pulpen untuk membuat beberapa lubang. 
Sabun mandi sebaiknya tidak digunakan untuk mencuci pakaian, sekalipun Anda sedang dalam kondisi darurat liburan. Jika Anda memang berencana mencuci pakaian dalam dan kaos kaki kotor selama menginap, bawa deterjen secukupnya dari rumah karena cara menghilangkan bau kaos kaki dan pakaian dalam kotor memakai sabun mandi hanya akan menimbulkan endapan sampah sabun pada serat-serat kain.

Selamat menikmati liburan akhir tahun!

Tips Mengelola Pakaian Kotor Saat Liburan Keluarga - Kumau Info

2 comments:

  1. Izin bookmarks dulu deh...
    Nanti akan saya kasih tau istri saya... tentang perihal artikel ini...
    Tips yang sangat menarik dan bermanfaat :D
    Salam kenal :D

    BalasHapus
  2. Wah. Ini adalah salah satu masalah kecil saat liburan. Tipanya bermanfaat bang. Terimakasih
    lasealwin.info

    BalasHapus

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved