Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan
Home » » Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan

Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan

Air minum dalam kemasan memang praktis, namun masih banyak yang belum tahu bahaya terhadap kesehatan jika meminum sisa air kemasan yang telah dibuka lebih 24 jam.Orang akan menganggap air kemasan dalam botol masih layak dan aman diminum dalam jangka waktu yang lama karena botol telah ditutup rapat kembali.


Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan


Charles Gerba seorang ahli mikrobiologi dari Universitas of Arizona mengungkapkan bahwa jika air kemasan langsung diminum dan mulut menyentuh kepala botol dimungkinkan bakteri di mulut akan tertinggal di kepala botol tersebut. Umumnya air akan terkontaminasi bakteri patiogen jika dibiarkan selama 24 jam lebih, yang akan mempengaruhi kualitas air minum dalam kemasan tersebut meskipun telah ditutup dengan rapat.

Namun, Charles Gerba tidak mempersoalkan bakteri tersebut jika berasal dari mulut orang yang sama saat minum air dalam kemasan tersebut, masih dianggap masih aman. Akan tetapi akan menjadi persoalan jika ada orang lain yang ikut meminum pada botol yang sama dengan mulut.

Selain mulut, ada potensi lain yang menyebabkan air kemasan berbahaya untuk diminum akibat terjadi kontaminasi bakteri melalui tangan saat membuka tutup botol air kemasan tersebut. Lebih parah lagi jika sisa air dalam kemasan bekas orang yang menderita suatu penyakit. Beberapa kasus penyakit yang ada yang dapat menular melalui air liur penderita seperti tipes atau penyakit kuning.

Tips Minum Air Dalam Kemasan


Jika anda menggunakan air minum dalam kemasan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar tidak membahayakan kesehatan, antara lain:
  • Minum air dalam kemasan sebaiknya dituang terlebih dahulu ke dalam gelas atau yang lain terutama kemasan ukuran besar, sehingga mulut botol air kemasan tidak terkontaminasi oleh bakteri yang ada di mulut. 
  • Sebaiknya sisa air dalam kemasan tidak diminum atau dibuang setelah lebih dari 24 jam. 
  • Sebaiknya menghabiskan air minum tersebut. Saat ini banyak kemasan ukuran kecil yang dapat habis dalam waktu singkat. 
Beberapa pakar kesehatan menyarankan lebih baik mengkonsumsi air minuman yang dimasak sendiri daripada minum air dalam kemasan yang kita belum apakah minuman tersebut diolah dengan higienis dan tidak tahu kandungan yang terdapat di dalam air kemasan tersebut.

Bahaya Minum Sisa Air Dalam Kemasan - Kumau info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved