Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah
Home » » Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah

Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah

Sampah tidak harus dibuang begitu saja, apalagi minimnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan serta sistem pengelolaan sampah yang buruk akhirnya sampah hanya dibakar atau dibuang ke sungai, sehingga menjadi konflik saat musim penghujan.

Banyak sampah telah didaur ulang untuk dijadikan bahan baku produk tertentu atau sekedar aksesoris, namun ternyata sampah dapat diubah menjadi bahan bakar akternatif. Para pemuda Desa Tegal Kelapa, Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat dengan teknologi penyulingan sederhana, mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif (BBA) pengganti premium dan solar.

PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang menyambut ide inovatif dan brilian tersebut dengan memberdayakan masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR). Dengan sejumlah persiapan sejak Agustus 2015, akhirnya terbentuk Rumah Inspirasi Subang yang diresmikan oleh pemerintah Subang beserta pimpinan PT Pertamina EP regional Cirebon, dan Subang.

  Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah

Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah


Untuk membuat bahan bakar alternatif dari sampah ini dilakukan melalui pembakaran sampah dengan teknologi penyulingan sederhana menggunakan kompor modifikasi bernama Tripot 4M yang merupakan kreasi guru SMKN di Madiun, Tri Handoko.

1 kg plastik, bisa disuling menjadi 1 liter BBA setara premium dan solar. Namun menurut Manager Pertamina EP Asset 3 Field Subang, hasil penyulingan BBA belum bisa dijual secara komersial karena kualitas energinya masih rendah di bawah premium dan solar.  Unsur karbonnya bisa dipakai untuk menyalakan lampu penerangan. Sementara BBA digunakan untuk bahan bakar mobil sampah dan becak motor yang dimiliki Rumah Inspirasi masih kurang dibandingkan standar premium atau solar. Masih perlu pengembangan lebih lanjut.

Rumah Inspirasi pembuat bahan bakar alternatif di Subang ini dikepalai petugas kepolisian dibantu belasan pemuda karang taruna yang mayoritas putus sekolah dan pengangguran. Selain membuat BBA, Rumah Inspirasi Subang berisi Bank Roentah Inspirasi (Broeri) dan Sanggar Inspirasi. Bank Roentah Inspirasi yaitu bank sampah yang mengolah sampah organik dan nonorganik.

Selain itu, Sanggar Inspirasi memiliki perpustakaan mini, dan kursus Bahasa Inggris gratis melalui Dangdeur English Club. Syaratnya, peserta cukup membawa sampah plastik. Selanjutnya pojok inspirasi yaitu kegiatan menghadirkan tokoh lokal sebagai inspirasi masyarakat untuk maju.


Bahan Bakar Alternatif Dari Sampah - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved