Jangan Remehkan Kesehatan Gusi
Home » » Jangan Remehkan Kesehatan Gusi

Jangan Remehkan Kesehatan Gusi

Bagian gigi yang tampak terlihat di rongga mulut dinamakan mahkota gigi. Sementara bagian bawah atau akar gigi tertanam dengan kuat di gusi dan jaringan tulang pendukungnya. Ibarat pohon, fungsi gusi dan jaringan tulang pendukung adalah sebagai akar yang berfungsi untuk menjaga agar posisi gigi tetap terjaga di rahang dan dapat melaksanakan fungsi kunyah dengan sebaik-baiknya. 


Oleh karena sangat pentingnya fungsi dari gusi sebagai jaringan penyangga, maka suatu kelainan dari gusi perlu diperhatikan juga, apalagi gusi merupakan jaringan terluar dari jaringan penyangga gigi.

Jangan Remehkan Kesehatan Gusi

Gangguan Kesehatan Gusi


Pada awalnya, gangguan gusi disebabkan oleh plak yaitu kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang melekat erat di rongga mulut (dalam hal ini melekat pada gigi, lidah, gusi, dan semua jaringan dalam mulut) yang bila tidak dibersihkan dengan baik dapat mengiritasi jaringan jaringan tersebut. Gusi pun bisa meradang bahkan membengkak (gingivitis). 

Pada tahap berikutnya terjadi peradangan di jaringan penyangga gigi yang lebih dalam (periodontitis), bahkan bila kondisi ini tidak segera diatasi, peradangan akan terus berlanjut sampai ke jaringan tulang sekitar gigi. Bila sudah mengenai jaringan tulang bahkan disertai kerusakan jaringan tulang, gigi akan goyang dan bila terus berlanjut maka gigi akan tanggal dengan sendirinya karena tidak ada lagi jaringan penyangga yang mendukungnya.

Masalah tidak berhenti di sini. Tanggalnya gigi menyebabkan gigi lawan dan gigi sebelahnya bergeser, akibatnya timbul celah di antara gigi geligi dan mengakibatkan makanan mudah terjebak, selanjutnya akan terjadi proses seperti gigi yang tanggal sebelumnya.

Hal di atas hanya sebagai contoh dari kelainan satu gigi, tapi umumnya bila seseorang terkena kelainan gusi seperti ini, akan mencakup beberapa gigi bahkan sering juga mengenai keseluruhan gigi. Seringnya penderita tidak mengetahui kelainan ini dan datang ke dokter gigi dengan keluhan bau mulut yang kurang nyaman, ini terjadi karena endapan/sisa makanan yang terjebak didalam gusi.

Kesehatan Gusi


Di samping jaringan penyangga yang bermasalah, akibat dari makanan yang sering terjebak di antara gigi, maka gigi rentan untuk terjadi pengeroposan. Kondisi seperti ini dikeluhkan sering ngilu pada daerah tertentu tanpa tahu penyebab dan lokasi gigi yang bermasalah di mana. Sakitnya pun sangat mengganggu. Bila keadaan ini sudah terjadi, maka sebaiknya kita waspada.

Untuk mengetahui sudah sejauh apa kelainan tersebut dibutuhkan rontgen foto, hal ini dapat digunakan untuk menunjang diagnosis yang tepat dan perawatan yang benar dan akurat. Oleh karena itu kita coba kenali hal-hal yang perlu diketahui tentang adanya kelainan pada gusi. Antara lain:
  • Sering terselipnya makanan di antara gigi.
  • Gusi mudah berdarah bila sikat gigi bahkan secara spontan.
  • Terasa sangat ngilu bila terkena air/udara dingin, manis, dan asam 
  • Mengluarkan bau tak sedap 
  • Pembengkakan pada gusi 
  • Gigi mulai goyang.
Sebaiknya bila ditemukan tanda-tanda seperti di atas maka segera konsultasi ke dokter gigi untuk mencegah kelainan yang dikhawatirkan tidak timbul. Atau bila telah ditemukan adanya kelainan segera diatasi, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sumber: WBC - Agustus 2016


Jangan Remehkan Kesehatan Gusi - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved