Elang Penangkap Drone Ilegal
Home » » Elang Penangkap Drone Ilegal

Elang Penangkap Drone Ilegal

Drone (Unmanned Aerial Vehicle) mesin terbang tanpa kendali dalam badannya ini kini sedang naik daun. Alat yang dikendalikan dari jarak jauh oleh manusia atau malah bekerja secara mandiri awalnya digunakan untuk keperluan militer. Bahkan hingga hari ini, teknologi drone untuk militer semakin canggih dan mengagumkan. Untuk mengangkat tubuhnya di udara, mesin terbang ini menggunakan hukum aerodinamika. 


Saat ini, banyak drone yang diciptakan untuk keperluan non militer. Misalnya untuk keperluan pengambilan gambar dan video pada bidang perfilman dan penelitian. Orang awam pun bisa memiliki drone hanya untuk sekedar hobi apabila memang mampu membeli pesawat tanpa awak ini.

Kehadiran drone, atau pesawat tanpa awak memang semakin bermanfaat, Penggunaan drone menjadi amat lazim. Kini banyak orang punya akses kepemilikan drone, namun di tangan yang salah drone bisa menjadi gangguan bahkan menimbulkan bahaya. Alhasil, menyebabkan kecelakaan. Bagaimana pun, drone bisa juga digunakan secara pribadi dengan tujuan untuk menyalahgunakan teknologi ini, menyebabkan kerusakan, dan melukai seseorang atau bahkan membawa barang-barang ilegal.

Elang Penangkap Drone Ilegal

Penangkap Drone Ilegal


Mengantisipasi hal tersebut, saat ini di beberapa negara sedang menggiatkan pengawasan terhadap pemakaian drone secara ilegal yang bisa membahayakan. Salah satunya seperti yang dilakukan pihak Kepolisian Belanda, caranya dengan melatih burung elang untuk menangkap drone ilegal. Menurut pihak Kepolisian setempat, hasil pengujian memperlihatkan burung pemangsa amat efisien dalam menemukan dan menangkap drone berbahaya di atas langit.

Memang, di tangan yang salah drone bisa menjadi gangguan, bahkan berbahaya, itulah mengapa Kepolisian Belanda mengerjakan proyek perdana pelatihan burung pemangsa seperti elang gagah ini untuk membawa turun drone ilegal. Burung dilatih dengan baik untuk melihat objek dengan karakter khusus. Dalam hal ini adalah drone yang bisa ditangkap elang ini dan dibawa turun

Kepolisian Belanda bekerja sama dengan perusahaan asal Den hag yang melatih elang dan burung pemangsa lainnya untuk menangkap drone kecil dan mencengkeram dengan cakarnya. Mereka membuat fungsi naluri alami burung. Untuk menangani permasalahan drone yang terbang di area terbatas atau terlarang seperti even besar di luar ruangan.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, pada dasarnya elang tidak memiliki masalah untuk menangkap semua drone yang hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran dan banyak diantaranya yang terlalu besar, bahkan untuk ditangkap oleh cakar burung besar ini. Apa yang dilakukan dengan pengujian dan pelatihan burung elang ini dikarenakan burung amat efisien dalam menangkap drone di udara dan membawanya turun. Jika pengujian terus berlanjut sesuai rencana, maka Kepolisian Belanda akan memutuskan di tahun ini menugaskan burung elang sebagai pasukan penangkap drone ilegal.

Sumber: WBC - Agustus 2016


Elang Penangkap Drone Ilegal - Kumau Info


0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved