Pengertian Grafis Komputer (Digital)
Home » » Pengertian Grafis Komputer (Digital)

Pengertian Grafis Komputer (Digital)

Sejak zaman prasejarah telah mengenal grafis. Pada periode 40.000-10.000 SM (Palaeolithic) atau sebelumnya sudah mengenal grafis dengan ditemukannya lukisan di gua atau tanda-tanda pada batu-batu, tulang, gading, dan tanduk. Seiring waktu, grafis terus mengalami perkembangan. Saat ini sudah memasuki era digital yang ditandai dengan munculnya grafis komputer yang menghasilkan grafis digital yaitu gambar atau grafis vektor dan bitmap.


Pengertian Grafis Komputer (Digital)

Grafis Vektor dan Bitmap


Grafis Komputer (Digital) berbasis vektor

Pengertian grafis berbasis vektor adalah gambar yang tersusun dari kumpulan garis dan kurva yang membentuk suatu pola gambar yang diinginkan. Grafis vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi atau titik pixel (dpi) sehingga jika gambar diperbesar tidak akan menjadi pecah, karena bukan titik pixel (gambar solid). 

Contoh desain grafis vektor antara lain logo, kartu undangan, kartu nama, banner dan lain-lain. Software atau aplikasi komputer yang sering digunakan untuk pengolah gambar vektor seperti CorelDraw, Freehand, Inkscape, dll.

Grafis Komputer (Digital) berbasis bitmap

Pengertian grafis berbasis bitmap adalah gambar yang dibentuk dengan titik-titik pixel (raster/dot/point) lokasi tertentu dengan nilai warna yang membentuk suatu pola. Pola-pola ini yang menghasilkan kesan gambar. Ketajaman dan detail warna gambar bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi, semakin banyak jumlah titik akan semakin tinggi tingkat kerapatan gambar, namun kapasitas ukuran file juga semakin besar.

Contoh desain grafis bitmap antara lain gambar foto, dan program aplikasi komputer yang umum digunakan untuk pengolah gambar bitmap seperti Photoshop, Paint, dll.

Secara umum, aplikasi yang mendukung grafis memerlukan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi daripada PC pribadi pada umumnya. Agar hasil yang didapatkan sempurna memerlukan komputer grafis yang dirancang khusus. Selain itu, perangkat lunak grafis membutuhkan layar monitor grafis yang didukung dengan VGA grafis yang baik agar hasil pantauan gambar dapat terlihat dengan baik dan jelas.



Pengertian Grafis Komputer (Digital) - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved