Menyiapkan Anak Kembali Sekolah Pasca Liburan
Home » » Menyiapkan Anak Kembali Sekolah Pasca Liburan

Menyiapkan Anak Kembali Sekolah Pasca Liburan

Saat tahun ajaran baru, anak tentu akan mendapatkan kelas, guru dan teman baru. Berbagai kekhawatiran pun terkadang muncul dari mereka. “Apakah guruku baik? Di mana aku duduk? Teman-teman baruku baik atau tidak?” itulah beberapa kekhawatirannya. 

Bukan hanya itu saja, setelah liburan lama, beberapa anak bisa jadi malas untuk kembali ke rutinitas sekolah, terutama bangun pagi. Pekerjaan rumah terbesar Anda adalah membuatnya kembali siap menjalani hari-hari sekolah. Dengan sedikit persiapan sebelum liburan berakhir, orangtua sebenarnya bisa menyiapkan anak untuk kembali sekolah dengan ceria. 

Menyiapkan Anak Kembali Sekolah Pasca Liburan

Kembali Ke Sekolah


Berikut ini beberapa tips menyiapkan anak kembali sekolah pasca liburan yang bisa dilakukan seperti dikutip dari parenting.kaboose:

Ingat Rutinitas.

Sebelum liburan selesai, mulailah fokus pada jadwal yang seharusnya, kapan tidur, makan makanan sehat dan berkumpul bersama keluarga. Setidaknya, rutinitas tersebut harus Anda lakukan seminggu sebelum sekolah.

Bersiaplah.

Jangan pernah meremehkan pentingnya menyiapkan perlengkapan sekolah saat anak memasuki tahun ajaran baru. Jika memang Anda ingin membelikan anak perlengkapan sekolah baru, persiapkan semuanya jauh-jauh hari, jangan saat sudah mendekati waktu liburan habis. Kalau ternyata barang lama anak masih dalam kondisi baik, membeli baru tentu tidak perlu dilakukan.

‘Jalan-jalan’ ke Sekolah.

Jika anak Anda baru memasuki sekolah baru, misalnya dari TK kini duduk di Sekolah Dasar, tunjukkan pada mereka sekolah barunya sebelum hari-H tiba. Ajak anak jalan-jalan ke sekolah barunya sehingga dia bisa melihat seperti apa sekolahnya dan ruang kelasnya nanti.

Komunikasi.

Ajaklah anak mengobrol tentang sekolahnya. Dalam obrolan itu, usahakan Anda membicarakan hal-hal positif tentang sekolah. Jangan buat anak takut, sehingga berbagai kekhawatirannya seperti apakah temannya akan baik padanya, makin membuatnya stres.


Menyiapkan Anak Kembali Sekolah Pasca Liburan - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved