Tempat Wisata Keren di Bukittinggi
Home » » Tempat Wisata Keren di Bukittinggi

Tempat Wisata Keren di Bukittinggi

Perkenalkan saya Dadan Rusdan selaku admin 4remaja.com ingin mengulas salah satu dari sekian banyak objek wisata di Sumatera Barat (Sumbar) yaitu Bukittinggi meliputi wisata alam dan sejarah.
Berdasarkan banyak sumber menyebutkan bahwa kota ini mempunyai nilai historis dan eksotisme yang tinggi baik dari segi alam, taman rekreasi, sosial budaya dan keseniannya terangkum dalam sebuah "wadah" berlandaskan nilai religi dan kebudayaan.

Ada banyak pilihan tempat wisatanya terutama di pusat kota seperti sarana dan prasarana hotel di Bukittinggi, alam imajinasi, pusat kerajinan, resort, kuliner dengan infrastruktur yang memadai.

Buat anda yang ingin mencoba sensasi traveling yang luar biasa bisa di sesuaikan dengan, saya ada sedikit spot-spot wisata seyogyanya menjadi acuan buat anda sahabat traveler. Penasaran? Yuk simak tempat wisata di Bukittinggi berikut ini:


Tempat Wisata Keren di Bukittinggi

Tempat Wisata Keren di Bukittinggi


1. Pusat kota Bukittinggi

Sesuai kondisinya, sebuah kota memiliki banyak sekali gudang informasi terutama dunia ekonomi dan kepariwisataan tidak terkecuali kota Bukittinggi sendiri .

Pusat kota ini dikenal sebagai kota wisata, topografinya berada di puncak ( dataran tinggi ) sehingga dapat kita saksikan keindahan alam yang mempesona ke segala arah baik pagi , sore maupun malam hari . Hamparan lampu terang di malam hari menambah kesan nuansa alam yang sesungguhnya dipadukan dengan udara yang sejuk .

Selain itu ada banyak tempat-tempat menarik di sekitar kota berupa peninggalan sejarah , budaya dan pusat kuliner yang melayani para wisatawan dengan senyuman romatis setiap hari.

Untuk mengeksplore objek yang ada di kota ini ada baiknya dipandu oleh guide professional dan perbekalan yang memadai agar aktifitas jalan-jalan anda tidak tersendat .

2. Museum Kebudayaan

Museum yang dibangun pada tahun 1935 ini berada di dalam komplek Kebun Binatang Taman Putri Bungsu .

Karena lokasinya masih satu komplek , pengunjung bisa memborong objek ini secara langsung baik ke kebun binatang dilanjutkan ke museum itu sendiri ataupun sebaliknya . Di dalamnya terdapat berbagai karya peninggalan kebudayaan nenek moyang dan benda-benda bersejarah yang terpelihara dengan baik.

3. Jam Gadang

Jam yang menjadi lambang kota Bukittinggi ini dibangun pada tahun 1827 atas prakarsa Controleur Rookmaker. Selain berfungsi sebagai simbol kota, jam gadang (jam besar) juga merupakan penuntun masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu .

Di atas puncak jam ini anda dapat menyaksikan secara langsung pemandangan kota, Gunung Merapi, Gunung Singgalang dan Ngarai Sianok. Namun bagi phobia ketinggian tidak disarankan untuk mengeksplore ke puncak jam ini.

4. Benteng Fort De Kock

Benteng yang dibangun di puncak bukit pada tahun 1925 oleh Kapten Baeur difungsikan sebagai parit pertahanan untuk menghadapi perlawanan rakyat Minangkabau dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol dan Harimau nan Salapan.

Parit-parit pertahanan dan meriam-meriam kuno masih dapat anda saksikan di benteng ini sebagai kajian sejarah penjajahan di Bukittinggi .

5. Lobang Jepang

Peninggalan sejarah yang jadi tujuan wisatawan salah satunya Lobang Jepang ( terowongan ) dengan panjang sekitar 1400 meter dan berliku-liku serta berada di bawah kota Bukittinggi , disamping Ngarai Sianok .

Terowongan ini dibangun oleh penjajah Jepang pada tahun 1927 bertujuan untuk kubu pertahanan menghadapi perang dunia II. Pekerjanya adalah tuan rumah sendiri dengan paksaan dan penyiksaan (romusha). Jika anda berkunjung ke sini , pas pintu masuk terowongan dapat dijumpai relief yang menggambarkan penyiksaan terhadap pribumi oleh penjajah Jepang.

Seiring berjalannya waktu, terowongan ini dijadikan sebagai objek wisata yang diawasi langsung oleh pemerintah setempat yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap memungkinkan pengunjung lebih betah, haru dan sedih mengingat saksi bisu kesengsaraan para pejuang tanah air untuk membela bumi pertiwi.

6. Ngarai Sianok

Merupakan sebuah lembah yang subur dan hijau di dasar Ngarai mengalir sungai panjang dan berliku menelusuri celah-celah tebing yang berwarna warni dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang terlihat hijau dari kejauhan merupakan panorama alam yang cukup menarik.

Bagaimana? Sudahkah anda siap untuk mengunjungi objek wisata di Bukittinggi waktu dekat ini? Semoga artikel di atas bermanfaat yah dan selamat traveling.


Tempat Wisata Keren di Bukittinggi - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved