Menyiasati Kendala Modal Dalam UKM
Home » » Menyiasati Kendala Modal Dalam UKM

Menyiasati Kendala Modal Dalam UKM

Usaha kecil dan menengah (UKM) adalah jenis usaha yang banyak dipilih masyarakat menengah ke bawah dikarenakan fasilitas dan modal yang terbatas. Umumnya dalam menjalankan UKM, modal yang terbatas terkadang yang menjadi kendala seseorang untuk memulai maupun mengembangkan bisnis yang dijalani. 

Padahal terdapat ada beberapa cara agar tetap dapat memulai atau mengembangkan usaha kecil dan menengah meskipun memiliki keterbatasan dalam hal modal. Untuk mengetahui tipsnya, berikut beberapa kiat untuk memulai usaha kecil menengah dengan modal yang terbatas.

Menyiasati Kendala Modal Dalam UKM

Menyiasati Kendala Modal Dalam UKM


Menjalankan Usaha Bersama 

Ada beberapa jenis Usaha kecil dan menengah (UKM) yang minim penggunaan modal, salah satunya dengan menjualkan produk orang lain yang memiliki kualitas bagus namun pemasarannya sangat terbatas. Anda bisa jeli melihat jika ada hasil kerajinan atau ukm yang memiliki nilai tinggi namun masih belum terekplore dengan maksimal. Agar produknya bisa dikenal oleh masyarakat luas caranya bisa dengan memasarkan produk melalui internet agar jangkauan lebih banyak.

Memanfaatkan Sumber Daya Yang Dimiliki

Jika Anda belum memiliki ruang berjualan yang layak namun masih belum mampu untuk menyewa ruko di tempat strategis maka Anda bisa memanfaatkan ruang di sekitar rumah untuk dijadikan tempat berjualan. Selama ruang itu di depan dan lebih bagus lagi jika menghadap jalan maka bisa untuk dijadikan ruang usaha yang hemat dan efisien.

Memanfaatkan Kemampuan Yang Dimiliki

Dalam menjalankan usaha modal tidak hanya melulu berupa uang, modal berupa keterampilan dan skill juga bisa menjadi salah satu modal yang ampuh untuk menjalankan usaha. Misalnya jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat salah satu olahan makanan cobalah untuk memulai usaha dengan memanfaatkan keterampilan tersebut, begitupun jika memiliki keterampilan dalam menjahit baju atau membuat produk yang memiliki nilai jual maka bisa dikembangkan untuk menjadi produk komoditi usaha yang dijalankan.

Perencanaan Usaha Yang Matang

Modal yang terbatas membuat kita harus merinci dan menyusun semua pengeluaran untuk usaha dengan sebaik-baiknya. Misalnya pisahkan mana barang untuk memulai usaha yang perlu dan butuh utamakan belanja yang butuh dan sangat diperlukan untuk keperluan operasional usaha. Hal ini untuk menghemat anggaran agar tetap bisa survive menjalankan usaha.

Segera Melaksanakan Tindakan

Setelah semua list syarat penghematan dilakukan maka segeralah lakukan action, karena usaha kecil menengah sebesar apapun jika tanpa dilakukan action akan menjadi sebuah rencana yang meninggalkan peluang yang ada. Dari action akan terlihat mana post yang kurang mana post yang lebih sehingga modal dan anggaran bisa di evaluasi untuk langkah bisnis selanjutnya.


Kendala Modal Dalam UKM - Kumau Info

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved