7 Tempat Wisata Terpopuler di Pekalongan
Home » » 7 Tempat Wisata Terpopuler di Pekalongan

7 Tempat Wisata Terpopuler di Pekalongan

Pekalongan merupakan wilayah di pesisir pantai utara Laut Jawa yang menyimpan legenda dan pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Menurut cerita masyarakat setempat, nama Pekalongan berasal dari kata “Kalong” yang dikaitkan dengan ritual “topo ngalong” atau “bertapa seperti kelelawar”—ritual yang dilakukan Raden Bahu di kawasan tersebut pada zaman dahulu kala.

Di balik cerita sejarah yang melegenda, Pekalongan ternyata memiliki pesona alam yang menakjubkan untuk dikunjungi bersama keluarga maupun rekan. Kawasan yang berada di sebelah timur kota Tegal yang terkenal dengan warteg dan sejarah martabak Indonesia ini menyimpan banyak wisata alam yang belum banyak terekspos dan dikenal masyarakat luas.


Tempat Wisata Terpopuler di Pekalongan


Jika Anda berkesempatan singgah di Pekalongan, jangan lupa mampir ke berbagai lokasi wisata populer berikut ini:

Tempat Wisata Terpopuler di Pekalongan


Curug Muncar

Destinasi wisata alam selanjutnya yang perlu disinggahi saat berada di Pekalongan adalah air terjun Curug Muncar. Air terjun yang berada di ketinggian 900 meter ini masih sangat alami dengan pemandangan alam sekitar yang sangat asri. Namun, untuk menikmati pesona alam yang satu ini, dibutuhkan usaha dan kekuatan fisik untuk mencapainya.

Untuk menuju Curug Muncar, Anda harus melewati jalan yang menanjak. Bagi Anda yang suka bertualang atau pencinta alam, kawasan ini patut untuk Anda kunjungi. Di kawasan ini juga tersedia camping ground, pendopo, toilet, tempat bermain dan pos penjagaan. Jadi, jika Anda ingin mengadakan acara outbound atau berkemah yang cukup menantang, Anda bisa mengadakannya di kawasan ini.

Curug Bajing

Pekalongan juga memiliki air terjun Curug Bajing yang tak kalah cantik dengan air terjun Curug Muncar. Di kawasan ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang asri, hawa yang sejuk, dan air terjun yang mengalir deras. Tak jauh beda dengan Curug Muncar, untuk mencapai kawasan air terjun ini dibutuhkan sedikit perjuangan melalui jalan setapak untuk mencapainya. Curug ini berada di kawasan Desa Telogo Pakis, Kecamatan Petungkriyono.

Puncak Hanoman Kendalisodo

Pekalongan juga memiliki kawasan wisata yang menarik dan instagramable, yaitu Puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo. Dari puncak gunung ini, Anda dapat menikmati keindahan panorama alam sekitar yang memesona dari ketinggian. Terlebih saat momen sunrise atau matahari terbit tiba, semburat keemasan yang mulai menyirami lembah dan pepohonan begitu memukau.

Untuk mencapai Puncak Hanoman juga cukup mudah. Medan yang harus ditempuh tidak terlalu sulit sehingga sangat cocok bagi para pendaki pemula. Bagi para pendaki profesional pun tak ada salahnya mampir ke tempat ini karena pemandangannya yang terlalu indah untuk dilewatkan.

Kebun Teh Pagaliran

Di Pekalongan, Anda tidak hanya dapat menikmati pantai, air terjun atau puncak gunung. Di sini, Anda juga bisa menikmati wisata alam kebun teh di kawasan Pagaliran. Hamparan kebun teh yang menghijau nan asri akan memanjakan mata. Kawasan ini berada di Kabupaten Batang, sekitar 40 kilometer dari Pekalongan.

Tempat Wisata di Pekalongan Jateng


Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Pekalongan. Pantai ini menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang menawan dan berada di lokasi yang mudah dijangkau.

Untuk menuju Pekalongan, Anda dapat memilih berbagai mode transportasi, salah satunya kereta api. Pantai ini letaknya hanya sekitar 4 kilometer dari stasiun kereta api yang berada di pusat kota Pekalongan. Jika Anda berminat menggunakan transportasi yang praktis dan ekonomis ini, Anda dapat memesan tiket kereta api secara online melalui Traveloka, cepat dan mudah. Untuk langsung mencobanya, silakan lihat di sini.

Pantai Pasir Kencana ini tidak hanya berada di lokasi yang strategis tetapi juga menawarkan pemandangan pantai yang memesona. Anda dapat menikmati indahnya aneka biota laut di dalamnya. Di kawasan ini juga terdapat pelelangan ikan, jadi jika anda ingin membawa oleh-oleh berupa ikan segar, Anda dapat membelinya dengan harga murah.

Museum Batik Pekalongan

Berwisata ke Pekalongan belum lengkap rasanya jika belum singgah ke Museum Batik Pekalongan. Di tempat ini, Anda bisa melihat aneka jenis dan corak batik Pekalongan. Jumlah koleksi batik di museum ini mencapai ratusan. Museum ini berada di Jalan Jetayu, Kabupaten Pekalongan.

Pusat Batik Internasional

Selain mengunjungi museum batik, jangan lupa mampir ke pusat batik internasional di kawasan Jalan Achmad Yani, Wiradesa, Pekalongan. Di tempat ini, Anda dapat membeli aneka macam batik khas Pekalongan maupun batik lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pekalongan? Segera siapkan tiket liburan Anda. Selamat berlibur, Kawan.


Tempat Wisata di Pekalongan - Info Wisata

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved