Sejarah Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai
Home » » Sejarah Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai

Sejarah Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai

Keberadaan lembaga pendidikan dan latihan Bea cukai adalah untuk memenuhi kebutuhan karyawan duane (sebutan bea cukai lama).Sejarah beberapa kegiatan pendidikan dan latihan yang diadakan oleh Bea Cukai dimulai sejak zaman penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, dan sampai saat ini.

Beberapa jenis pendidikan dan pelatihan kepabeanan yang pernah ada, antara lain Gediplomeerd Douane Kommies, Kursus Ajun Kontrolir, Kursus Pemeriksa Pabean, Kursus Penilik Pabean, Kursus Pengamat Pabean, Kursus Juru Pabean dan Pusat Pendidikan dan Latihan Direktorat Djenderal Bea dan Tjukai (PUSPLA DDBT).

Sejarah Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai

Sejarah Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai


Berikut ini pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, baik oleh Sekretariat Bea Cukai maupun Pusdiklat Bea Cukai sejak tahun 1947 sampai dengan sekarang yang sumbernya diperoleh dari R. Kusmayadi.

Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai

1. Tahun 1930 Kursus ‘Douane’ untuk ‘Ambtenaar 3e/4e klasse’ bertempat di daerah Hotel ‘des Indes’ Harmoni, Jalan Jaga Monyet.

2. Tahun 1933 tempat pendidikan/ kursus pindah ke Jl. Merdeka Utara (Decapark), melanjutkan pendidikan Ambtenaar 3 klasse dan Gediplomeerd Douane Kommies.

3. Tahun 1943-1944 zaman pemerintahan Jepang tidak ada pendidikan Bea Cukai, yang ada ialah penyelenggaraan pendidikan untuk para ‘Ambtenaar’ yang belum menyelesaikan pendidikan ‘Ambtenaar 3e klasse’ dan Kursus ‘Gediplomeerd Douane Kommies’ zaman Hindia Belanda.

4. Tahun 1947, setelah kemerdekaan, di Magelang diselenggarakan dua Kursus A yang berijazah SLA untuk menjadi ‘Ambtenaar’ dan Kursus B untuk yang berijazah SLP untuk menjadi ‘Douane Kommies’. Karena Magelang diserbu Belanda, ujian dilakukan di Yogyakarta.

5. Tahun 1947-1949 di Jakarta pada saat pendudukan Belanda diadakan Kursus ‘Ambtenaar 3e klasse’ dan Kursus ‘Gediplomeerd Douane Kommies’, juga di beberapa Kantor Daerah tertentu.

6. Tahun 1949-1954 Kursus ‘Adjunct Controleur’/Penilik Pabean, lamanya kursus kurang lebih 2 tahun.

7. Tahun 1954-1964 Kursus Pengamat Pabean/’Douane Kommies,’ lamanya satu tahun. Kursus khusus dipimpin oleh seorang ‘Cursus Leider’, sekaligus memberikan kursus/pendidikan kepabeanan pula.

8. Tahun 1950-1966 Ujian Dinas Ahli Pabean (‘Hogerrang Examen’) dan ujian Pengawas Pabean.

9. Tahun 1961-1963 Kursus Penilik/’Adjunct Controleur’ Pabean (Jakarta, Makassar, dan Medan), lamanya kursus dan latihan kurang lebih 3 tahun. Latihan meliputi latihan dasar kemeliteran, pendidikan/kursus dengan ‘meelopen’/praktek kerja.

10. Tahun 1964-1982 Puspla Bea Cukai Pengatur Muda (Pasar Minggu, Rawamangun, dan di Kantor Wilayah tertentu), lamanya pendidikan kurang lebih dua tahun.

11. Tahun 1957 Pendirian Akademi Pajak dan Pabean (APP) di bawah Departemen Keuangan.

12. Tahun 1959 APP diganti menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN), lamanya pendidikan tiga tahun.

13. Tahun 1967 STIKN dirubah menjadi Institut Ilmu Keuangan (IIK).

14. Tahun 1973-1975 berbagai ujian dinas, penataran, penyuluhan.

15. Tahun 1975 Sesuai Keputusan Menteri Keuangan no. 405/ MK/6/U/1975 didirikan BPLK (Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan) membawahi Pusdiklat Bea Cukai dan Pusdiklat lainnya. Jenis-jenis diklat yang diselenggarakan di Pusdiklat Bea Cukai, Diklat Karir, Profesi dan Penataran.

16. Tahun 1987 mulai menyelenggarakan Program Pendidikan (PRODIP).

17. Tahun 1997 sesuai dengan perkembangan, terutama sistem dan prosedur kepabeanan yang berubah-ubah sejalan dengan pesatnya perkembangan perdagangan global, maka tugas dan fungsi Pusdiklat mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan terakhir sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 100/ KMK.01/1997 tanggal 10 Maret 1997 tentang organisasi dan tata kerja BPLK. Tujuan dari SKEP Menteri Keuangan tersebut adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan penataran yang sangat diperlukan untuk meningkatkan profesionalisme pegawai di lingkungan Departemen Keuangan.


Sejarah Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai - Info Edukasi

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved