Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Rumah Kayu

Rumah kayu di zaman modern saat ini bisa dianggap sebuah rumah yang langka dan memiliki nilai artistik tinggi. Padahal dahulu ada anggapan dari sebagian orang bahwa rumah dari kayu itu mencerminkan kondisi ekonomi seseorang yang tidak mampu untuk membangun sebuah rumah dari bata atau beton karena membutuhkan biaya besar.

Namun, anggapan tersebut bisa salah karena membangun rumah kayu saat ini bisa membutuhkan biaya yang sangat besar karena sesuatu hal seperti langkanya kayu, nilai seni dan artistik atau kerumitannya.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Rumah Kayu

Jika ingin membuat rumah dari material kayu, ada beberapa prinsip dasar membuat rumah kayu agar rumah terlihat sempurna, kokoh, indah, nyaman dan aman untuk sebuah tempat tinggal.

Lokasi Rumah Kayu

Lokasi yang akan dibangun rumah kayu akan mempengaruhi kondisi material utama rumah yaitu kayu. Sebaiknya rumah kayu yang akan dibangun harus bebas dari unsur-unsur yang dapat merusak bahan kayu agar rumah kayu dapat lebih awet dan tahan lama.

Pemilihan Jenis Kayu Rumah

Pemilihan jenis kayu dapat menentukan keindahan dan kekuatan bangunan kayu rumah. Jenis dan kualitas kayu rumah akan mempengaruhi arsitektur bangunan kayu rumah itu. Selain itu, jenis kayu disesuaikan dengan fungsi dari rumah kayu tersebut.

Pengawetan Rumah Kayu

Mengingat kayu termasuk bahan yang mudah rusak atau keropos maka sebelum membangun rumah kayu, material utama perlu proses pengawetan. Ada beberapa cara melakukan proses pengawetan kayu seperti pengovenan, pencelupan, pengecatan agar kayu tidak mudah lapuk atau melindungi dari serangan serangga atau rayap.

Selain itu, jika berniat membangun rumah kayu, perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan material kayu. Apalagi saat ini banyak produsen rumah kayu menggunakan sistem modern yang siap menerima pesanan sesuai kebutuhan. Tertarik membuat rumah kayu?

 

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Rumah Kayu – Kumau Info

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.