Istilah Bokeh Dalam Fotografi

Apakah bokeh itu? Istilah bokeh dalam fotografi adalah area tidak fokus atau blur (buram) dalam gambar atau foto. Istilah bokeh dipopulerkan oleh Mike Johnston seorang editor majalah Photo Techniques pada tahun 1997.

Mike Johnston mengubah ejaan dari bahasa Jepang menjadi pengucapan yang benar untuk penutur bahasa Inggris. Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang boke yang berarti “blur” atau “kabut”. Istilah bokeh dalam fotografi muncul dalam buku-buku fotografi sejak 1998.

Foto bokeh sering dipergunakan dalam fotografi makro, model, seni, jurnalistik, dll dimana pengambilan foto ada titik fokus pada sebuah objek tertentu dengan sangat jelas sedangkan area selain titik fokus (unfocused) akan menjadi blur atau bokeh.

Fotografer biasanya menonjolkan titik fokus penting dalam mengambil sebuah foto. Fotografer landscape hampir tidak menggunakan bokeh serta memiliki kecenderungan mengambil fokus dari ujung sisi ke ujung sisi lainnya secara mendetail.

Dalam dunia fotografi bokeh merupakan sebuah estetika suatu gambar dari blur yang dihasilkan oleh lensa kamera. Dengan kata lain, foto bokeh adalah cara lensa kamera merender titik cahaya di luar fokus.

Alasannya adalah foto bokeh paling sering terlihat menyoroti latar belakang di sekitar objek/fokus, seperti refleksi specular dan sumber cahaya.

Untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus, kunci utamanya adalah lensa kamera terlebih lensa prime dengan bukaan aperture lebar. Selain itu, lensa berkualitas akan menghasilkan jumlah blade yang banyak sehingga membentuk lebih bokeh bulat yang lebih menarik dibandingkan dengan bokeh kotak.

Meskipun saat ini ada beberapa smartphone dengan kualitas kamera lebih bagus, namun kamera khusus untuk fotodengan bukaan aperture lebar (f/1.4) akan jauh lebih baik menghasilkan foto bokeh yang bagus. Selain itu, kemahiran dalam memotret juga berpengaruh.

 

Istilah Bokeh Dalam Fotografi – Kumau Info

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.