Jangan Ragu Mengkonsumsi Obat Generik
Home » » Jangan Ragu Mengkonsumsi Obat Generik

Jangan Ragu Mengkonsumsi Obat Generik

Pengertian Obat generik adalah obat duplikat dari baru yang dikembangkan oleh industri farmasi namun telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa harus membayar royalti lagi.

Ada dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang yaitu obat generik yang diberi merek dagang oleh perusahaan farmasi yang memproduksinya dan obat generik berlogo yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya.

Jangan Ragu Mengkonsumsi Obat Generik


Pada dasarnya, keamanan dan efektifitas suatu produk obat dapat ditentukan dengan melakukan studi bioavailabilitas (BA) dan bioekivalensi (BE). 

Studi BA menginformasikan tentang ketersediaan obat dan konsentrasi maksimumnya dalam darah yang diinterpretasikan sebagai tersedianya kadar obat dalam plasma darah yang memadai yang dapat dipertahankan dalam rentang waktu tertentu sehingga obat tersebut dapat menghasilkan efek terapi yang diinginkan. 

Sedangkan studi BE menginformasikan tentang tidak adanya perbedaan (bermakna) efektivitas dan khasiat produk obat generik dibandingkan dengan produk obat yang memiliki hak paten yang lazim disebut obat originator.

Kedua studi digunakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia sebagai syarat mutlak diberikannya ijin edar suatu produk obat.

Jadi, untuk produk obat yang telah mendapatkan ijin edar dari BPOM RI termasuk obat generik, maka tidak diragukan lagi bahwa produk obat tersebut terjamin khasiat dan efektifitasnya.

Jadi, masihkah kita ragu untuk mengkonsumsi obat generik? Yang penting aman dan bisa sembuh kan? Kalau bisa sembuh dengan biaya murah, mengapa harus memilih sembuh dengan biaya mahal?


Jangan Ragu Mengkonsumsi Obat Generik - Info kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved