4 Langkah Tetap Sehat Ketika Musim Hujan Tiba
Home » » 4 Langkah Tetap Sehat Ketika Musim Hujan Tiba

4 Langkah Tetap Sehat Ketika Musim Hujan Tiba

Musim hujan ditandai dengan ciri-ciri meningkatnya curah hujan dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Dengan kondisi sering hujan maka kesempatan bagi mikro organisme penyebab penyakit menyerang manusia.


Sistem imun merupakan hal pertama yang harus diperhatikan untuk menolak serangan mikro organisme penyebab penyakit ke dalam tubuh. Berikut empat langkah untuk tetap sehat ketika musim hujan yang dikutip dari Mediakom Depkes.

Tetap Sehat Ketika Musim Hujan


Tetap Sehat di Kala Musim Hujan


1. Jaga Pola Makan

Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Seseorang yang mal nutrisi berisiko terkena penyakit infeksi karena pada keadaan kurang gizi daya tahan tubuh seseorang menurun, sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Frekuensi makan perhari harus tetap diperhatikan, yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Yang harus diprioritaskan adalah sarapan. Selain itu, mengkonsumsi probiotik juga perlu diperhatikan agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare.

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik akan membantu menjaga usus agar sistem pencernaan tetap lancar. Seperti yoghurt, tahu, tempe atau fermentasi sayuran seperti acar.

2. Berolah Raga

Sistem kekebalan tubuh harus dijaga untuk menangkal serangan penyakit. Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah, namun besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih (lekosit). Olah raga bisa dilakukan indoor, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolah raga.

3. Jaga Kualitas Tidur

Kualitas tidur sangat menentukan dan berperan penting di tengah cuaca dingin musim hujan. Dilansir dari jurnal terbitan National Sleep Foundation, Washington D.C., Amerika Serikat, rekomendasi waktu tidur perhari untuk:
  • anak pra sekolah usia 3-5 tahun selama 10-13 jam, 
  • anak sekolah usia 6-13 tahun selama 9-11 jam, 
  • remaja usia 14-17 tahun selama 8-10 jam, 
  • usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam, 
  • usia dewasa 26-64 tahun selama 7-9 jam, 
  • usia lansia lebih dari 65 tahun direkomendasikan tidur selama 7-8 jam perhari.
4. Kelola Stress

Ketika musim hujan, seseorang dengan mudah terkena stress, misalnya karena terlambat bekerja karena hujan turun sebelum kita tiba di kantor. Dampaknya secara fisiologis, seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih.

Manajemen stres salah satunya dapat dilakukan melalui strategi fisik, yakni menenangkan diri melalui relaksasi.Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan apapun baik berupa suara, bau, atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.


Tetap Sehat Ketika Musim Hujan - Info Kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved