19 September 2017

Bandara (Airport) Paling Ekstrim Sedunia


Bandara atau airport merupakan fasilitas di mana pesawat udara datang dan pergi. Airport juga merepresentasikan identitas dari suatu negara, tempat, kota, maupun destinasi wisata yang akan dikunjungi. Ada beberapa aiport yang dirancang mengikuti topografi tempat tersebut sehingga banyak orang mulai dari pilot hingga penumpang pesawat menilainya sebagai bandara yang ekstrim.


10 Airport Paling Ekstrim Sejagat

Berikut 10 bandara (airport) yang paling ekstrim di muka bumi ini. Nomor urut bukan berdasarkan abjad.

1. BARRA AIRPORT (SKOTLANDIA)

 BARRA AIRPORT (SKOTLANDIA)

Bandara yang satu ini unik: Saat jam operasional dia memang layaknya bandara dengan pesawatnya yang datang dan pergi. Namun ketika waktu rehat, Barra Airport berubah wujud menjadi kawasan wisata: Pantai dengan banyak pelancong yang ingin menikmati lautan. Inilah satu satunya di dunia Bandara resmi yang menggunakan pantai sebagai landasan pacunya.

2. COURCHEVEL AIRPORT (PRANCIS) 

COURCHEVEL AIRPORT (PRANCIS)

Tersembunyi di balik dinginnya jajaran pegununungan Alpen yang anggun, kita akan bersua dengan Bandara Courchevel yang mini. Bandara ini adalah gerbang utama menuju Courchevel, kota dengan banyak resor ski-nya yang legendaris. Bandara ini muncul dalam film James Bond ‘Tomorrow Never Dies.’

3. GIBRALTAR AIRPORT (GIBRALTAR) 

GIBRALTAR AIRPORT (GIBRALTAR)

Anda tidak akan menemukan Bandara yang satu ini di belahan dunia manapun selain di Gibraltar. Percaya atau tidak, terdapat Winston Churchill Avenue, jalan negara penghubung GibraltarSpanyol, yang memotong landasan pacu Bandara ini. Lalu-lintas di jalan ini harus dihentikan sementara apabila ada pesawat yang datang maupun pergi.

4. GUSTAF III AIRPORT (KARIBIA)

GUSTAF III AIRPORT (KARIBIA)

Sudah banyak Youtubers yang merekam aksi pesawat perintis malang terbenam di pasir pantai karena miskalkulasi saat mendarat di sini. Program The History Channel: Most Extreme Airports di tahun 2010 menahbishkan Gustaf III sebagai Bandara paling berbahaya di dunia. Pesawat yang mendarat di sini harus menukik tajam melewati ujung bukit di ujung landasan pacu agar bisa mendarat.

5. ICE RUNWAY ANTARTIKA (ANTARTIKA) 

ICE RUNWAY ANTARTIKA (ANTARTIKA)

Hal utama yang harus menjadi perhatian utama saat mendarat di sini adalah kondisi cuaca yang sangat ekstrem. Landasan Pacu yang berada di Antartika ini menjadi sarana vital untuk mendaratkan berbagai kebutuhan hidup para peneliti selama mereka bertugas di Stasiun Penelitian McMurdo. Tantangan lain adalah memastikan bahwa berat si pesawat tidak sampai membuat lapisan esnya retak.


6. JUANCHO YRAUSQUIN AIRPORT (KEP. KARIBIA) 

JUANCHO YRAUSQUIN AIRPORT (KEP. KARIBIA)

Bandara ini nampak seperti papan longboard raksasa yang tergeletak di ujung Pulau Saba, Kepulauan Karibia. Panjang lintasan hanya 1300 kaki saja. Di kedua ujung lintasannya menganga jurang lebar yang dasarnya langsung mencumbu lautan. Salah perhitungan pilot dalam mendarat, pesawat bisa berjumpa petaka.

7. MADEIRA AIRPORT (PORTUGAL) 

MADEIRA AIRPORT (PORTUGAL)

Mendarat di sini sangat memacu adrenalin. Secara teknis, pesawat harus diarahkan lurus ke pegunungan untuk kemudian berbelok tajam ke kanan agar bisa mendarat. Satu hal yang bagi pilot berpengalaman sekalipun sangat menantang.

8. QAMDO BAMDA AIRPORT (TIBET) 

QAMDO BAMDA AIRPORT (TIBET)

Kelewat panjang lintasannya!! Mungkin itu hal yang terlintas dalam benak. Namun jangan salah. Landasan pacu sejauh 5,6 km yang dibangun di atas ketinggian lebih dari 14.000 kaki seperti yang dimiliki Qamdo Bamda adalah salah satu faktor penentu keselamatan bagi pesawat untuk mendarat aman di ketinggian tersebut.

9. TONCONTIN AIRPORT (HONDURAS)

TONCONTIN AIRPORT (HONDURAS)

Letaknya yang dekat dengan pegunungan dan serta panjang lintasan yang hanya sejauh 1,8 km membuat Anda akan berdoa banyak-banyak ketika mendarat ataupun lepas landas. Landasannya pun landasan tunggal, yang membuatnya semakin berbahaya. Namun begitu, dia bisa didarati pesawat sekaliber Boeing 757.

10. TENZING-HILLARY AIRPORT (NEPAL) 

TENZING-HILLARY AIRPORT (NEPAL)

Sebelumnya bernama Lukla Airport. Bandara ini merupakan salah satu akses bagi para pendaki maupun penjelajah yang ingin menaklukkan Everest. Di ujung landasan pacunya menunggu jurang sedalam 2000 kaki. Tak heran banyak kecelakaan terjadi di sini. Yang terakhir tercatat pada 12 Oktober 2010.


Bandara (Airport) Paling Ekstrim Sedunia - Kumau Info

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi