11 September 2017

Al Quran tertua di Asia Ada di Alor NTT


Di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat manuskrip Al-Quran tertua di Asia Tenggara. Beberapa kalangan bahkan menyebutkan sebagai yang tertua di Asia, yang diperkirakan berusia hampir 1000 tahun.

Al Quran tertua di Asia Ada di Alor NTT

Al Quran tuadi Alor ini terbuat dari bahan kulit kayu tipis dan tinta serta pewarna alami, Al Quran ini masih 98% utuh kelengkapan ayat dan suratnya.

Meski rumah tempat disimpannya Al Quran ini sempat terbakar tahun 1982, namun terjadi keajaiban dimana Al Quran tersebut selamat dan tidak rusak, padahal disimpan dalam kotak kayu yang mudah terbakar.

Menurut sejarah, Al Quran kuno ini dibawa ke Pulau Alor pada 1523 oleh Iang Gogo dari Kesultanan Ternate, yang terletak sekitar 1000- an kilometer di utara, yang merantau bersama keempat saudaranya dengan misi penyebaran Islam hingga ke Alor. Pada saat dibawa ke Alor, Al Quran tersebut sudah berumur tua.

Masjid Baabussholah merupakan masjid pertama di Pulau Alor

Kini Al Quran tersebut disimpan di Desa Lera Baing, di sebuah rumah milik keturunan ke-14 Iang Gogo, yakni Nurdin Gogo, yang terletak di sebelah Masjid Baabussholah, yang merupakan masjid pertama yang dibangun di Pulau Alor sekitar tahun 1633 dan telah beberapa kali mengalami renovasi.


Al Quran tua di Pulau Alor NTT - Kumau.info

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi