9 September 2017

Seragam NATO dibuat Di Sukoharjo Indonesia


Siapa sangka, ternyata orang Indonesia sanggup membuat pakaian militer kualitas dunia? Bahkan banyak negara yang mempercayakan kualitas seragam militer mereka pada hasil karya anak bangsa ini.


Seragam NATO dibuat Di Sukoharjo Indonesia

Sebuah perusahaan tekstil di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah merupakan produsen seragam militer berkualitas dunia ini. PT Sri Rejeki Isman atau lebih dikenal dengan Sritex merupakan produsen utama dalam pembuatan seragam militer tersebut.

Perusahaan yang didirikan oleh Haji Mohammad Lukminto di tahun 1966. Dia memulai usaha ini dengan berjualan pakaian kecilkecilan di Pasar Klewer, Solo. Usaha Lukminto ini semakin berkembang hingga akhirnya mendirikan pabrik di Sukoharjo dan diresmikan oleh Presiden Soeharto tahun 1992.

Kini, Sritex menjelma menjadi perusahaan besar yang memiliki area 150 hektar dan karyawan mencapai 18.000 orang. Perusahaan tekstil raksasa ini mengekspor 70 persen hasil produksinya, sisanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Untuk seragam militer, TNI dan Polri merupakan pelanggan pertama Sritex. Promosi dari mulut ke mulut pun jadi marketing luar biasa, karena setelah itu Sritex berhasil menembus pasar seragam militer di 30 negara, seperti Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Inggris, Australia, Swedia, Belanda, Norwegia, Kuwait, Saudi Arabia, Austria, Kroasia, Uni Emirat Arab, Malaysia, Somalia, Hongkong, dan lainnya.

Seragam NATO Buatan Sukoharjo Indonesia


Khusus negara-negara Eropa, biasanya mereka memiliki kebutuhan seragam militer khusus dan dianggap menjadi negara-negara dengan kebutuhan seragam militer paling sulit di dunia. Selain itu, sejak 1994 Sritex juga memproduksi pakaian anti peluru untuk North Atlantic Treaty Organization (NATO)

Sritex memproduksi pakaian anti peluru untuk North Atlantic Treaty Organization (NATO)


Selain ekspor pakaian militer, Sritex juga mengekspor kain ke lebih dari 100 negara. Perusahaan ini memiliki desain kain lebih dari 300 ribu desain yang semuanya telah memiliki hak paten khusus dari Dirjen HAKI. Enam diantaranya merupakan desain pakaian militer, yang satu diantaranya adalah desain seragam tersebut adalah desain resmi pakaian seragam militer Indonesia.

Sritex menjadi pilihan utama negaranegara di dunia dalam hal seragam militer mereka karena perusahaan ini selalu mengedepankan kualitas, ketepatan waktu pengiriman, dan harga yang bersaing. Beragam jenis kain Sritex siap memenuhi kebutuhan konsumen, bahkan yang membutuhkan spesifikasi khusus sekalipun.

Beberapa contoh kain yang memiliki spesifikasi khusus misalnya adalah kain yang anti peluru, anti air, anti serangga, tahan api, anti noda, bobot ringan, anti infra merah, hingga pakaian berporipori, anti radiasi, dan sebagainya. Bahkan saat ini Sritex sedang mengembangkan seragam militer kamuflase yang konon bisa berubah warna sesuai lingkungan alam.

Selain memproduksi seragam khusus militer, Sritex ini juga masih memproduksi jenis pakaian lain untuk kebutuhan tekstil dalam dan luar negeri. Beberapa merek ternama yang menggunakan produk dari Sritex ini diantaranya adalah Uniqlo, Zara, JCPenney, dan Timberland. Porsi dari masing-masing produk yang dibuat oleh perusahaan ini adalah 50 persen untuk kebutuhan militer dan 50 persen sisanya untuk kebutuhan fashion lainnya.

Untuk seragam militer, kompetitor Sritex paling kuat berada di Eropa. Sritex tetap menjadi pilihan berbagai negara karena kualitasnya yang terjamin dan masuk standar NATO. Salah satu produk yang kualitasnya sudah terpercaya adalah rompi anti peluru. Spesifikasi militer sampai level empat, yaitu laras panjang dan serangan jarak dekat. Itu juga yang dipakai TNI.

Selain itu, Sritex juga mengembangkan ransel serbu yang bisa digunakan untuk pelampung. Jadi jika tas tersebut berada di sungai atau laut, pemakainya masih bisa mengambang. Ke depan, Sritex juga akan membuat parasut, sehingga tidak lagi impor dari negara lain.


Sukoharjo pusat seragam militer dunia - Kumau Info

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi