13 September 2017

Tips Cerdik Mengelola Gaji Kecil dengan Bijak


Tips Cerdik Mengelola Gaji Kecil dengan Bijak. Kita sebagai manusia sering keinginan tidak sejalan dengan realita. Awalnya bersumber dari info lowongan kerja Batam dan kemudian bekerja mengharapkan mendapatkan gaji yang sesuai atau besar adalah keinginan semua orang di Batam dan sekitarnya. Banyak orang yang harus ikhlas dengan jumlah pendapatan per bulan yang tidak bisa dikatakan besar. Jika sudah demikian maka mau tidak mau harus cermat dalam mengatur keuangan menjadi sehemat mungkin.

Kendala untuk berhemat kala pendapatan tidak sejalan dengan jumlah dana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Menjadikan banyak orang harus memiliki pekerjaan sampingan sebagai sumber dana tambahan. Pilihan ini memang bijak untuk diambil asalkan memiliki komitmen untuk bisa mengatur jadwal dengan cermat. Waktu senggang di luar jam kerja utama tentu memforsir waktu istirahat dan jika tidak dikelola dengan baik akan memunculkan masalah baru.

Mengelola Gaji Kecil dengan Bijak


Tips berhemat kala pendapatan kecil


Cara paling sederhana untuk mengatasi persoalan besar pasak daripada tiang ini ialah menghemat pengeluaran sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjadikan hidup lebih hemat dengan pendapatan terbatas:

1. Bijak mengatur belanja

Kebutuhan manusia memang banyak, namun kalah banyak dengan yang namanya keinginan manusia untuk memiliki banyak barang sekaligus. Kondisi ini yang menjadikan gaya hidup hemat gagal total untuk dijalankan. Atur keuangan dengan baik yakni mulai dari pola belanja yang tepat dengan hanya membeli barang yang memang dibutuhkan saja.

2.Hindari kebiasaan berhutang
Jika point pertama sulit untuk dilakukan maka dengan pendapatan terbatas dan tidak mencukupi memenuhi keinginan. Sebagian besar orang kemudian menambal kekurangan tersebut dengan cara mencari sumber pinjaman. Mengajukan pinjaman ke teman, saudara, atau lembaga keuangan akan membentuk pola kebiasaan. Terbiasa berhutang akan menjauhkan Anda dari gaya hidup hemat maka hindari sejauh mungkin dan gunakan uang yang tersedia. Dimana uang tersebut memang merupakan milik dan hak pribadi dari hasil kerja keras sendiri.

3.Segera menyelesaikan tunggakan hutang

Jika ada kebutuhan mendadak dan tidak memberikan pilihan lain selain mengajukan pinjaman maka tidak ada salahnya dilakukan. Usai melakukan pinjaman uang tersebut ketika menerima gaji atau mendapatkan dana segar kembali. Usahakan untuk segera melunasi pinjaman yang ada, mencegah adanya bunga dan tunggakan hutang yang ada dimana-mana. Manusia terkadang sering lupa, bahkan terlupa akan hutang yang telah dibuatnya. Bisa saja peminjam melakukan penagihan padahal tidak ada dana persiapan untuk digunakan sebagai alat pembayaran.

4.Selektif memilih belanjaan

Satu cara lagi yang cukup efektif untuk membantu menikmati gaya hidup yang hemat namun tetap mendapatkan banyak manfaat. Yakni memilih produk belanjaan yang memang sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Jika memiliki dana terbatas maka jangan ragu untuk memilih barang belanjaan yang dibandrol dengan harga murah. Ada banyak sekali produk kebutuhan sehari-hari yang dijual dengan harga sangat murah namun memiliki fungsi yang sama dengan produk sejenis yang dijual dengan harga lebih tinggi.

Hidup hemat itu mudah asalkan ada niatnya dan didukung oleh pemahaman mengenai cara tepat untuk berhemat. Niat yang kuat juga dipengaruhi oleh lingkungan, maka pilih teman dekat yang terbiasa hidup sederhana. Sebab jika berteman dengan orang-orang dengan kelas sosial yang lebih tinggi maka keinginan untuk setara justru akan menjadi boomerang. Pilih gaya hidup hemat dengan memilih teman yang juga menjalankan gaya hidup tersebut. Awal menerima gaji PNS yang masih terbatas memang sebaiknya dikelola dengan bijak.


Cerdik Mengelola Gaji Kecil - Info Gaya Hidup

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi