16 Oktober 2017

Permainan Antu Bubu di Pantai Lalang Belitung


Antu Bubu, sebuah permainan unik di gelar di tepi pantai Lalang Belitung. Apa itu Antu Bubu? Antu artinya hantu, dan Bubu artinya alat penangkap ikan yang dibuat dari bilah bambu yang disatukan dengan anyaman tali hingga berbentuk silinder. Tepatnya Antu Bubu adalah permainan menggunakan ilmu dengan peralatan Bubu yang diisi roh halus. Tak lain bagaikan sebuah tradisi yang biasa dipertunjukan masyarakat Belitung.

Antu Bubu di Pantai Lalang Belitung

Mirip permainan Jaelangkung di Jawa atau Bambu Gila di Maluku. Namun ada hal unik dari permainan Antu Bubu yang berasal dari desa Manggar, kabupaten Belitung Timur ini yaitu hanya di gelar di tepi pantai.

Dalam permainan ini, Bubu dipasangi kepala dari batok kelapa, lantas diselimuti kain kafan, kemudian kafan tersebut diikat mengerudungi kepala batok. 

Melibatkan seorang pawang yang membaca mantera sambil menaburkan kemenyan ke atas pedupaan, mengasapkannya ke sekeliling Bubu untuk meminta roh masuk ke dalam Bubu. 

Begitu pawang memberi isyarat permainan dapat dimulai, lawan yang sudah siap dengan bertelanjang dada/bersinglet mulai melawan Bubu yang sudah berpenghuni ini

Tak lama berselang, seorang laki-laki akan bergelut dengan Bubu di tengah lingkaran penonton. Berguling-guling, kadang dia seperti dibanting, ada kalanya laki-laki ini sanggup berdiri, tak lama, terjatuh lagi, berguling lagi.

Saat berlangsungnya permainan, penonton yang mengelilingi arena nampak serius dan penasaran terbawa ketegangan aksi pertunjukan ini, merasa penasaran untuk segera mengetahui siapa pemenangnya. Selain itu, peserta yang ikut dalam pertunjukan Antu Bubu ini tentunya bukan orang sembarangan, melainkan orang yang memiliki kekuatan.

Begitulah cerita tentang permainan Antu Bubu, berakhir dengan menegakkan Bubu atau mematahkan Bubu, memang dalam pertarungan ini tidak sebentar, cukup memakan waktu yang lama untuk mengalahkan salah satunya antara bubu yang kalah atau pemainnya.


Permainan Antu Bubu Belitung - Kumau Info

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi