22 November 2017

Cara Membedakan Mutiara Asli dan Palsu


Jenis mutiara yang beredar di Indonesia beraneka ragam, baik itu dari asal dari lokasi mutiara maupun dari harganya. Yang paling populer adalah mutiara Laut Selatan (mutiara lombok), mutiara Akoya, dan mutiara Tahitian yang merupakan jenis mutiara premium dan bernilai tinggi.


Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

Mutiara Asli dan Palsu

  
Membedakan antara mutiara asli dengan palsu sebenarnya tidak sulit. Menurut Arar, pemilik Gallery RAGENDA MOP JEWELRY  di Lombok, mutiara palsu merupakan hasil cetakan mesin sehingga terkesan ukuran dan bentuknya sama, padahal mutiara yang asli tidak mungkin bentuk dan ukurannya sama.

Walau terlihat sama, mutiara asli pasti beda jenis beratnya beragam, ada yang 100 ml atau 50 ml. Warnanya pun tidak mungkin sama 100 persen. Jadi satu siput isinya satu, dan selama tiga tahun itu mutiara yang sudah diberi nucleus akan berproses selama 3-3,5 tahun untuk menjadi satu buah mutiara.

Yang jelas jika kita mau membedakan antara yang asli dengan palsu tidak susah. Antara lain:
  • mutiara kalau kena api tidak meleleh,
  • mutiara asli jika digesek dengan mutiara lainnya terasa ada tekstur, sebaliknya kalau palsu digesek akan terasa licin,
  • diberi cairan aseton mutiara palsu akan luntur warnanya.

Harga mutiara laut tergantung kualitas (grade), klasifikasi harga ditentukan oleh grade mutiara. Semakin besar dan bulat maka semakin mahal harganya. Hitungan harga mutiara laut dihitung per gram. Kisaran harga mutiara laut berkisar dari mulai Rp.70.000,-/ gram sampai dengan Rp.450.000,-/ gram.


Hasil budi daya Mutiara south sea, Indonesia masih unggul karena semua kriterianya atau standar internasional untuk mutiara Indonesia lengkap mulai dari warna, shining, bentuk, dan ukuran masuk dikriteria hasil mutiara Indonesia. Ada beberapa negara penghasil mutiara dengan warna bagus, namun shiningnya dan bentuknya juga kurang.


Membedakan Mutiara Asli dan Palsu - Kumau info

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi