20 Desember 2017

Kotlin Bahasa Pemrograman Untuk Android


Google telah mengumumkan bahwa Kotlin resmi menjadi bahasa pemrograman pada Android pada tanggal 17 Mei 2017 yang lalu. Ini artinya Kotlin menjadi bahasa pemrograman ketiga yang didukung oleh android selain Java dan C++. Untuk para programmer, tentu saja berita ini sangat disambut meriah. Terutama ketika Googe juga memberikan dukungannya terhadap Kotlin.

Mungkin selama ini, kita sangat familiar dan terbiasa menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman dalam membangun aplikasi android. Namun, sekarang Kotlin akan mengubah kebiasaan itu tanpa membuat kita bingung mempelajarinya. 

Kotlin Bahasa Pemrograman Untuk Android


Kotlin merupakan bahasa pemrograman statis yang dapat berjalan pada JVM (Java Virtual Machine) juga dapat dikompilasi menjadi source code Javascript yang dibangun oleh tim programmer Jetbrains. Bahasa pemrograman yang terinspirasi sebuah nama pulau di St. Petersburg ini, dirancang untuk memenuhi industri bahasa object-oriented dengan standar yang lebih baik dibandingkan java. Namun, tetap dapat dioperasikan sepenuhnya dengan kode java dan memungkinkan dilakukannya migrasi java ke kotlin.

Lalu apa yang membedakannya dengan java? Apa keunggulannya?

Keunggulan Bahasa Pemrograman Kotlin


Kotlin merupakan versi pengembangan lebih lanjut dari bahasa pemrograman java. Bahkan keputusan tim Android memilih Kotlin adalah karena memiliki keunggulan dalam memberikan kemudahan adaptasi untuk programmer dalam menggunakannya. Banyak Programmer yang sudah memberikan ulasan bahwa Kotlin telah membuat mereka menyukai keputusan Android men-support kotlin. 

Berikut adalah keunggulan kotlin yang dijabarkan pada halaman resmi kotlin:
  • Concise (ringkas): tidak ada kerumitan code. 
  • Safe (aman): mencegah kemungkinan terjadinya error secara keseluruhan seperti error NullPointerExceptions.
  • Interoperable (dapat dioperasikan): kotlin dapat berjalan pada JVM, Android dan browser. 
  • Tool-friendly (mudah digunakan): dapat digunakan lewat IDE (Integrated development Environtment) maupun command line.

Lalu mengapa Android memilih Kotlin? 

Karena kotlin merupakan bahasa pemrograman terbaik dalam hal memberikan kemudahan dalam coding dan menjadikan coding begitu menyenangkan. Kotlin juga dianggap bahasa pemrograman yang mendekati bahasa manusia dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Sebagai contoh kecil, dapat dilihat dari tabel perbandingan code antara Java dan Kotlin dibawah ini.

Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Android

Contoh di atas, memperlihatkan kepada kita bahwa Kotlin begitu ringkas dan lebih mudah pengaplikasiannya. Terutama karena Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa manusia. 

Ini membuat Android percaya bahwa semakin mirip sebuah bahasa pemrograman dengan bahasa manusia, maka semakin banyak programmer yang tertarik untuk bergabung bersama komunitas android. Maka, dapat diprediksi akan banyak library dan tools yang akan dikembangkan dalam mendukung kotlin. Imbasnya, akan tersedia banyak pengalaman dan tantangan baru yang akan meningkatkan antusiasme penggunaan kotlin yang juga akan berimbas pada kemajuan android itu sendiri.

Selain itu, kotlin yang mendukung banyak platform seperti JVM untuk server dan desktop, JavaScript, dan native (untuk platform seperti macos, iOS dan IoT/embedded system). Ini sesuai dengan slogan yang digunakannya “Statically typed programming language for modern multiplatform applications”. Kotlin juga membantu programmer untuk tidak pusing dalam mendeklarasikan tipe data untuk variabel dan properti secara eksplisit sperti di java. Compiler kotlin yang akan mengatasi dan menebak tipe data yang digunakan.

Penasaran menggunakannya?

Silahkan coba secara online lewat browser pada link https://try.kotlinlang.org/. Namun, jika ingin secara offline, silahkan menggunakan IDE berikut:
  • Intellij IDEA. Kotlin sudah ter-bundle dengan community edition dan IDEA Ultimate.
  • Android Studio. Kotlin sudah ter-bundle dengan versi 3.0. Plugin kotlin juga disediakan untuk versi dibawahnya.
  • Eclipse. Kotlin sudah tersedia dalam bentuk plugin. Dapat di download pada link https://plugins.jetbrains.com/plugin/6954-kotlin

Kotlin Bahasa Pemrograman Untuk Android - Info Teknologi

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi