10 Desember 2017

Rumput Laut Sebagai Sumber Energi Alternatif


Apa yang terpikirkan ketika mendengar kata rumput laut? Mungkin lebih banyak berpikir tentang makanan yaitu agar-agar. Tanaman laut yang satu ini memang dikenal sebagai bahan baku makanan yakni agar-agar. Tapi apa pernah terbayangkan jika rumput laut diolah menjadi energi alternatif?  Pengembangan rumput laut sebagai energi alternatif sesungguhnya sudah dimulai sejak lama. 

Sumber Energi Rumput Laut

Sumber Energi Rumput Laut


Ada banyak alasan mengapa rumput laut yang biasa ada di meja makan berubah menjadi andalan sumber bahan baku energi di masa depan.
  1. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa lebih dari 50% kandungan minyak dalam rumput laut bisa digunakan sebagai bahan baku biodiesel. 
  2. Sumber potensi rumput laut di Indonesia sangat besar, mengingat hampir 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan dan memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Di dalam lautan inilah rumput laut banyak tumbuh. 
  3. Meskipun banyak ditemukan di lautan, namun rumput laut juga bisa dibudidayakan di daratan selama tempatnya banyak mengandung air dan mendapat sinar matahari. Bahkan rumput laut dipercaya dapat menghasilkan energi secara berkelanjutan karena waktu tanamnya hanya perlu satu minggu. 
  4. Berbeda dengan sumber bahan baku biodiesel lainnya seperti sawit, jagung ataupun kedelai, yang merupakan bahan baku pangan, pemanfaatan rumput laut secara masal dinilai tidak akan mengancam ketersediaan panganan pokok bagi masyarakat.
Dengan segala keistimewannya tersebut, kemudian bagaimana rumput laut dikembangkan menjadi bahan bakar energi?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Zeily Nurachman, seorang dosen Program Studi Kimia ITB, teknologi pembuatan biodiesel dari rumput laut sebetulnya cukup sederhana. 

Kultur alga hanya perlu ditanam dalam media cair dalam botol berukuran sedang yang dialiri udara dan disinari. Selanjutnya, alga diekstrak dengan pelarut jika masih dalam skala laboratorium, namun ekstraksi dilakukan secara mekanik oleh mesin atau dipanaskan hingga minyaknya keluar untuk produksi skala besar. Minyak tersebut kemudian diubah menjadi biodiesel siap pakai melalui reaksi transesterifikasi.

Namun pengembangan rumput laut menjadi energi alternatif saat ini masih belum cukup maksimal karena belum menemukan titik keekonomiannya. Investasi yang diperlukan untuk pengembangan ini memang tidak mudah. Namun begitu sudah berjalan, tidak diragukan rumput laut bisa menjadi andalan sumber energi alternatif.


Rumput Laut Sebagai Sumber Energi Alternatif - Info Teknologi

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi