15 Oktober 2018

Mengungkap Rahasia Kaca Hias Venesia


Seorang peniup kaca kawakan di Amerika Serikat menyatakan telah menemukan rahasia bagaimana orang Venesia membuat kaca selama masa renaisans. Pakar museum kaca corning telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari kaca Venesia Renaisans yang amat berharga ini dan berusaha membuatnya kembali. Kini museum tersebut tengah membagikan penemuannya di dalam sebuah situs daring barunya. 


Mengungkap Rahasia Kaca Hias Venesia


William Gudenrath dari museum Kaca Corning, dengan hatihati akan kembali menciptakan sebuah sejarah, dari barang pecah belah ini. Pakar sekaligus peniup kaca di museum kaca Corning, New York ini telah menghabiskan beberapa dekade untuk membuka rahasia berabad-abad lalu dari masa renaisans.

Lihat saja, gelas dan mangkuk yang dibuat di Pulau Murano, Venesia, dinilai amat berharga karena keindahannya. Periode waktu antara tahun 1500 hingga 1700 dianggap sebagai masa keemasan dalam produksi kaca orang Venesia. Seorang ahli kaca Venesia, Jutta (Yuta) Page dari museum seni Toledo mengatakan bahwa penemuan William menambah pemahaman akan karya yang penuh dengan hiasan ini.

Menurut Jutta Page, informasi mengenai produk ini selalu tersedia karena informasinya sudah tertanam di karya yang sedang dilihat.

“Tetapi kita perlu paham bagaimana bendabenda itu dibuat, agar bisa membuka informasinya. Di sanalah bisa diketahui darimana ahlinya berasal dan hal ini menjadi amat penting bagi kami.”

“Perajinnya berisiko ancaman hukuman mati jika mereka membocorkan rincian produk ini kepada orang luar,” ungkap William yang telah berhasil mengetahui cara orang Venesia mengaplikasikan desain cat halus dan bagaimana mereka menambahkan sedikit hiasan di gelasnya.

Tanpa gunting besar mulai dari membenamkan kaca panas ke dalam cetakan hingga membalut uliran kaca di sekitar objek. William juga telah mendokumentasikan bagaimana benda bersejarah ini dibuat. Ia pun mengungkap penemuannya ke dalam puluhan video, foto dan tulisan yang dirilis di situs daring museum tersebut.

“Bagi saya, pajangan kaca ini spektakuler, sekaligus rentan. Kita harus benar-benar tahu apa yang bisa dan tak bisa dilakukan dengan kaca,” ujar William yang salah satu karya fenomenalnya adalah bayangan cermin dari potongan museum yang menghadirkan pandangan yang lebih jelas tentang masa lalu.


Mengungkap Rahasia Kaca Hias Venesia

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi