2 Desember 2018

Beragam Versi Asal usul Kebaya


Beragam versi asal usul kebaya tersebut bisa saja terjadi mengingat posisi strategis Indonesia yang menjadi lintas perdagangan dari Asia sampai Timur Tengah. Dengan begitu, tentu menjadi pintu masuk berbagai busana dari berbagai bangsa dan negara. Akulturasi tetap terjadi terhadap segala bentuk maupun produk budaya dimana pun.

Hingga kini, kebaya dipercaya sebagai salah satu budaya khas Indonesia, khususnya budaya Jawa. Namun, beberapa kalangan ada yang beranggapan, kebaya merupakan produk budaya dari beberapa negara.

Asal usul Kebaya

Beragam Versi Asal usul Kebaya


Pada masyarakat Timur Tengah, busana wanita muslim yang dibawa saudagar ke nusantara disebut dengan "abaya" atau "habaya". Dan dari asal kata itulah diduga kuat muncul istilah ‘kebaya.’

Denys Lombard, pakar ketimuran dari Perancis menyebut, bahwa kebaya berasal dari bahasa Arab, yaitu "Kaba" yang berarti pakaian.

Masa kolonialisme Portugis yang membawa busana khas wanita Portugis. Dari sini, konon mulai dikenalkan istilah kata "kebaya."

Sebuah penelitian menyebut, kebaya dilahirkan dari budaya ‘indies,’ yakni budaya Eropa yang berkembang di Hindia Belanda lalu berakulturasi dengan budaya lokal.

India Selatan juga disebut merupakan asal usul kebaya. Interaksi para pelaut nusantara yang menjalin hubungan dagang dengan saudagar India muslim (Gujarat) dipercaya sebagai mulai dikenalnya kebaya. Saat itu kain muslim yang banyak digunakan para wanita di nusantara berasal dari kota Cabaia yang berada di India Selatan. Kota itu dikenal sebagai kota penghasil tekstil untuk umat muslim.

Terkenalnya kebaya encim yang merupakan busana tradisional yang dikenakan oleh para wanita Cina peranakan di nusantara juga membuat kebaya diduga berasal dari daratan Tiongkok. Ini bermula juga dari pakaian panjang yang banyak dikenakan oleh para wanita Tiongkok pada masa Dinasti Ming di abad 13 sampai dengan 16.


Beragam Versi Asal usul Kebaya 

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi