22 Desember 2018

Cap Pos Natal dari Desa Rudolph


Sebuah desa kecil bernama Rudolph di Amerika Serikat selalu sibuk dan ramai setiap kali natal tiba. Ribuan pucuk surat dan bingkisan tiba di desa Rudolph untuk mendapatkan cap pos rusa kutub sebelum natal.


Rudolph the Red-Nosed Reindeer


Rudolph adalah nama rusa kutub penarik kereta salju Santa Claus yang paling terkenal. Rudolph juga merupakan nama sebuah desa kecil berpopulasi kurang dari 500 jiwa di Winconsin, Amerika Serikat. Tiap tahunnya, pada saat natal, nama desa ini akan tercantum pada lebih dari 10 ribu pucuk surat.

Becky Trzebiatowski, Kepala Kantor Pos di Rudolph menjelaskan fenomena ini. “Jika mereka tak bisa datang sendiri ke sini, kami mendapat kartu, kotak, dan amplop dari seluruh negeri. Ada juga satu yang berasal dari Tiongkok. Kantor Pos di Rudolph ini masih menggunakan mesin cap pos kuno. Mesin ini membubuhkan tinta pada setiap pucuk surat, memprosesnya dengan serangkaian rol, dan prosesnya cukup unik,” ujarnya.

Di samping itu, pengunjung pun dapat membubuhkan jejak kaki Rudolph pada surat mereka. Saat membayar tagihan yang harus dibayarkan di Chicago atau tempat lain, siapa pun yang mendapatkan amplop itu akan melihat cap kakinya. Jadi meski saat ini merupakan era surat elektronik dan pesan digital, namun kantor pos ini masih selalu sibuk pada saat liburan natal tiba.

“Setiap menjelang natal merupakan masa yang amat istimewa. Lebih banyak orang mengirim surat, dan jauh lebih banyak kegiatan di kantor pos kecil kami. Di tempat ini, anak-anak bisa terlibat dalam proses pengiriman surat dan menempel perangko. Amat menyenangkan dan luar biasa,” jelas Becky.

Cerita tentang Rudolph si rusa berhidung merah.


Rudolph the Red-Nosed Reindeer dibuat oleh Robert May pada tahun 1939 dalam rangka mempromosikan department store Montgomery Ward tempat ia bekerja. Rudolf adalah rusa kesembilan dan berada paling depan di antara kawanan rusa lainnya karena hidungnya dapat bersinar dan menerangi jalan Santa Claus agar tidak tersesat di tengah cuaca buruk.

Sebelumnya hanya ada delapan rusa yang menemani Santa Claus berpergian mereka adalah Dasher, Dancer, Prancer, Vixen, Comet, Cupid, Donner, dan Blitzen. Asal-usul kedelapan nama rusa tersebut pertama kalinya muncul tahun 1823 dalam sebuah puisi karya Clement C. Moore yang berjudul “A Visit from St. Nicholas” atau dikenal juga dengan judul “The Night Before Christmas”.

Namun, di kemudian hari muncul lagi satu tokoh rusa yang namanya menjadi paling terkenal di antara delapan rusa itu, yaitu Rudolph si hidung merah. Rudolph berasal dari cerita fiksi karangan Robert L. May yang dibuat tahun 1939.

Di tahun 1949, Gene Autry menyanyikan lagu Rudolph the Red-Nosed Reindeer dan menjadi best seller. Sejak saat itu, Rudolf dikenal sebagai rusa yang selalu setia menemani Santa Claus dan seperti dalam lirik lagu, nama Rudolph akan terus dikenang dalam sejarah.


Cap Pos Istimewa dari Desa Rudolph 

0 comments

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi