5 Keuntungan Melakukan Pinjaman Syariah di Bank Terpercaya

Kebutuhan mendesak datang di waktu yang kurang tepat membuat banyak orang perlu melakukan pinjaman. Namun, sebagian orang percaya bahwa pinjaman di bank beresiko menimbulkan riba karena penerapan bunga pada nasabah. Kini para nasabah tidak perlu khawatir karena beberapa bank terpercaya memberikan pinjaman syariah.

Program layanan berupa pinjaman syariah baik itu dana tunai maupun non tunai telah hadir di beberapa bank yang cukup populer dan terpercaya secara legal. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Inilah Bank-Bank Terpercaya yang Memberikan Pinjaman Syariah

Tidak semua bank memiliki penawaran program pinjaman syariah, namun sebagian besar nasabah justru melakukan pinjaman dari bank yang kurang terpercaya. Hal itu mengakibatkan mereka mengalami kerugian. Jika Anda tidak mau mengalami masalah karena takut riba, sebaiknya ikuti program syariah dari bank-bank berikut ini (referensi: Duwitmu.com).

1. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri merupakan bank swasta yang berdiri secara legal sesuai hukum yang berlaku. Bank ini menerapkan program pinjaman Syariah sesuai dengan ketentuan dan prinsip Islam dari fatwa MUI. Pinjaman ini dilakukan atas dasar kesepakatan antara nasabah yang bersangkutan dengan pihak bank.

2. Bank BNI Syariah

BNI merupakan bank BUMN yang juga menyediakan program layanan pinjaman syariah. Dengan layanan tersebut, Anda bisa melakukan angsuran pinjaman tanpa bunga yang merugikan nasabah. Semua kesepakatan dan aturan dijalankan atas dasar keuntungan kedua belah pihak sesuai dengan prinsip Islam.

3. Bank BRI Syariah

Bank terpercaya yang memberikan layanan pinjaman syariah yakni BRI. Bank ini telah menerapkan akad murabahah dan ijarah yang menjamin nasabah terhindar dari proses riba, terutama saat pengangsuran pinjaman sedang berlangsung. Anda bisa mengajukan berkas persyaratan untuk memperoleh layanan tersebut secara legal.

Inilah 5 Keuntungan Melakukan Pinjaman Syariah di Bank Terpercaya

Pinjaman umumnya memang dibutuhkan untuk memenuhi adanya keperluan mendesak yang tidak memungkinkan Anda untuk bisa melunasi dengan uang pribadi. Semua orang tentu pernah mengalaminya, sehingga tidak masalah jika Anda melakukan pinjaman.

Pilih program pinjaman syariah karena Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti di bawah ini.

1. Kenyamanan Para Nasabah

Para nasabah bisa merasakan kenyamanan melakukan pinjaman tanpa gangguan dept collector yang membuat mereka gelisah setiap hari. Mereka juga terhindar dari riba karena program dilakukan sesuai prinsip keislaman dengan tepat.

2. Penyerahan Dana Tunai

Pinjaman Syariah memiliki kelebihan yang memungkinkan para nasabah meminjam uang secara tunai. Maksud dari peminjaman atau tunai yakni nasabah mendapatkan barang tanpa status hutang. Barang berharga tersebut memiliki nilai yang setara dengan jumlah dana yang hendak dipinjam oleh para nasabah.

3. Sesuai Perjanjian Kedua Pihak

Pinjaman sejumlah dana sesuai permintaan nasabah yang bersangkutan harus sesuai atas kesepakatan kedua belah pihak. Nasabah bisa memberikan beberapa permintaan yang disetujui pihak bank. Lalu pihak bank akan memberikan ketentuan berdasarkan permintaan si nasabah tersebut.

Kesepakatan ini dijalankan berdasarkan prinsip murabahah yang membuat nasabahnya terhindar dari riba. Dana bisa dicairkan ketika kesepakatan tersebut benar-benar disetujui kedua belah pihak.

4. Penerapan Sistem Bagi Hasil Sesuai Prinsip dalam Islam

Pinjaman syariah mengharuskan para nasabah dan bank menerapkan sistem bagi hasil. Sistem tersebut memungkinkan pihak nasabah untuk memberikan sebagian hasil usaha dengan bank. Sistem ini biasa disebut sebagai pembagian keuntungan, namun ketika sedang rugi, nasabah tidak diharuskan membayar bank.

5. Bisa Bersedekah Selain Melakukan Pinjaman

Pada program pinjaman syariah terdapat aturan pemotongan pajak sebesar 2.5%. Pajak tersebut diberlakukan dengan tujuan untuk membayar zakat mal setiap bulan sehingga otomatis para nasabah melakukan sedekahnya.

Itu dia informasi tentang keuntungan melakukan pinjaman syariah di bank yang terpercaya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Keuntungan Pinjaman Syariah di Bank Terpercaya

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *