Komponen Mesin Pendingin Sewa Container Reefer, Wajib Tahu

Mesin Pendingin Sewa Container Reefer

Sewa container reefer menyediakan penyimpanan produk dengan suhu yang dapat diatur berdasarkan keinginan. Hal ini dapat terjadi sebab adanya mesin pendingin di dalam peti kemas jenis tersebut.

Container reefer memuat beberapa komponen penting yang bekerja menciptakan keadaan tepat bagi produk. Umumnya, komponen ini tidak dimiliki oleh kontainer jenis biasa atau general.

Setiap komponen pendingin container reefer akan beroperasi untuk memelihara suhu di dalamnya dengan efektif dan efisien. Mesin pendingin ini terletak pada bagian kontainer yang terinsulasi.

Deretan Komponen dalam Sewa Container Reefer

Mesin pendingin bukan ditujukan untuk membuat beku produk yang sebelumnya panas. Namun, ditujukan untuk memelihara makanan beku atau obat-obatan agar tidak terpengaruh suhu panas dari matahari dengan peran komponen berikut.

1. Kipas Interior

Salah satu komponen dalam container reefer ialah kipas interior. Lokasinya berada di bagian dalam kontainer guna meningkatkan pengaturan dan stabilitas suhu. Kipas interior akan bekerja saat Anda menentukan suhu dari sewa container reefer.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Urusan Kendaraan di SEVA Tempat Mobil Online Jadi Mudah

Kipas interior akan bekerja dengan mengatur sirkulasi udara di dalam kontainer. Sehingga sirkulasi menjadi lancar, mampu melewati produk dan menghadirkan perlindungan suhu dengan optimal.

2. Unit Kontrol

Komponen ini begitu penting. Lantaran, unit kontrol dioperasikan guna mengatur dan menyesuaikan kondisi di bagian dalam kontainer dari sewa container reefer. Misalnya saja mengatur suhu, keadaan alarm, sampai tingkat ventilasi dan kelembaban.

Melalui unit ini, Anda dapat melakukan pengaturan secara menyeluruh untuk memelihara produk di dalam kontainer. Salah satu contoh pengaturannya misalnya ingin mengatur suhu ke angka -30 derajat Celcius.

3. Ventilasi Udara

Ventilasi menjadi jalan bagi udara untuk keluar atau masuk ke kontainer. Udara yang masuk umumnya adalah udara biasa. Lantas udara yang keluar ialah gas buangan misalnya gas etilena pematangan buah.

4. Unit Evaporator

Sewa container reefer tidak sekedar menawarkan pengaturan suhu dalam memelihara produk. Namun juga menawarkan pengaturan kelembaban. Sebab, kelembaban akan mempengaruhi proses pembusukan makanan. Bahkan bisa menimbulkan kerusakan kemasan.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Seru-Seruan Bareng Host Cilik di Program Bintang Kecil Hore

Pada akhirnya, kelembaban akan mempengaruhi isi produk. Apabila kelembaban tidak diatur dengan tepat, bisa saja buah segar yang dikirim lebih mudah busuk. Oleh sebab itu, unit evaporator akan memelihara kelembaban di dalam kontainer.

Evaporator mempunyai kemampuan untuk membuat panas atau dingin udara yang berputar di dalam kontainer. Evaporator bekerja dengan menentukan panas atau dingin udara yang berhembus dari kipas.

Evaporator bukan bekerja secara sembarangan ketika menghangatkan atau mendinginkan udara. Melainkan menyesuaikan suhu yang ditentukan dan memelihara agar tetap stabil sepanjang waktu.

5. Kondensor

Kondensor sebenarnya bisa dipakai untuk mendinginkan udara atau air. Namun yang dipakai dalam kontainer ialah pendingin udara. Pendingin udara bekerja dengan mengambil udara dingin dari sisi atas. Lantas memindahkannya ke sisi bawah kargo.

Nantinya, udara dingin akan berpindah kembali ke sisi atas kargo. Sebab udara senantiasa bergerak di dalam kontainer, maka perlu menempatkan produk secara tepat. Sehingga seluruh produk yang termuat akan mendapat perlindungan suhu dari container reefer.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Cara Mendapatkan Skin FF Gratis Melalui Tool Skin Apk

6. Trafo

Trafo berperan dalam pengoperasian pendingin udara kontainer dengan tegangan sampai 200V 3 ph. Terkadang, sewa container reefer juga mempunyai sejumlah komponen tambahan lainnya. Misalnya desain khusus untuk menampung zat kimia tertentu.

Sebab, ada sejumlah zat mungkin rentan terhadap api dan ledakan. Sehingga perlu disimpan secara khusus dan aman. Agar tidak terjadi kecelakaan, perlu memastikan performa container reefer sebelum digunakan.

7. Genset

Genset berfungsi memasok daya listrik ke mesin pendingin. Sehingga mampu memelihara suhu meskipun ada di dalam perjalanan. Ketika container reefer parkir di pelabuhan, mungkin masih bisa mendapat akses listrik dari PLN.

Sistem pendingin yang dimiliki oleh container reefer didukung oleh berbagai komponen. Jadi, sebelum melakukan sewa container reefer, perlu mengenali komponen tersebut agar bisa memeriksa performanya.

 

Komponen Mesin Pendingin Sewa Container Reefer, Wajib Tahu

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.