daftar iklan mgid

Benarkah Pizza Berasal Dari Italia?

Pizza bukan makanan asing bagi lidah orang Indonesia. Maklum makanan khas Italia tersebut sudah lama bercokol di Indonesia. Salah satu pelopornya adalah Pizza Hut, sebuah restoran waralaba asal AS. Kini, restoran pizza hadir dan tersebar hampir di seluruh pelosok kota. Masing-masing mempunyai cita rasa yang unik dan khas.

pizza italia

Asal-usul Pizza

Banyak yang mengira pizza berasal dari Italia. Namun anggapan itu tak sepenuhnya benar. Baca juga Asal Usul Martabak Indonesia

Jika dilihat dari sejarahnya, pizza memiliki legenda tersendiri. Sebagian kalangan meyakini pizza berawal dari masyarakat di sekitar Laut Tengah yang menghasilkan roti dan bentuknya menyerupai pizza.

Lalu, bangsa Yunani zaman dulu menyantap roti yang dikenal dengan nama plankuntos. Roti tersebut dibubuhi ornamen lauk di bagian atasnya. Kalau di pizza saat ini dikenal dengan sebutan topping. Roti itu merupakan paduan dari tepung dan air lalu dipanggang di atas batu yang dipanaskan dibawah sinar matahari. Berawal dari itu, pizza diyakini diambil dari kata dasar bahasa Yunani, yaitu picea.

Seiring perjalanan waktu, penciptaan pizza yang sempurna terjadi di zaman renaissance di Napoli, Italia. Kaum petani kala itu membuat roti tawar dari gandum dan minyak zaitun yang ditengahnya ditaburi irisan keju mozzarella. Tak cukup sampai di situ, saus tomat pun digunakan sebagai ornamen pendukung kelezatan. Akhirnya, keju mozzarella, dan saus tomat menjadi bagian terpenting dalam penyajian pizza sekarang ini.

Maka, tidak berlebihan jika Napoli dianggap sebagai Ibukota Pizza. Makanan ini tidak hanya terkenal di kalangan rakyat biasa, cita rasanya mampu membius hingga ke kalangan kerajaan. Bahkan, muncul pula pizza margherita yang diadaptasi dari seorang ratu di Italia yang gandrung terhadap pizza, Ratu Margherita.

American Pizza

Pizza akhirnya merambah Negeri Paman Sam. Pizza Hut merupakan produk paling fenomenal dari Amerika Serikat. Sejarah Pizza Hut berawal sejak 1958 di Whicita, Kansas. Saat itu, dua pemuda dengan ide brilian berusaha mewujudkan mimpinya. Mereka adalah Dan Carney dan Frank Carney yang terobsesi untuk mendirikan restoran pizza yang kala itu masih terdengar asing di telinga orang Amerika.

Mereka merintis dengan usaha menjajakan pizza dari toko milik keluarganya. Awalnya, target Carney bersaudara ini sederhana, yaitu sekadar memperoleh penghasilan guna membiayai pendidikan mereka. Bermodalkan US$ 600 yang dipinjamnya dari sang bunda, mereka gunakan untuk membeli peralatan bekas. Sisanya, mereka gunakan untuk menyewa kios kecil di persimpangan jalan yang sangat sibuk di kota mereka.

Akhirnya, sebuah restoran pizza pertama berdiri di Wichita, Kansas, pada 15 Juni 1958. Saat meresmikan restoran itu, Carney bersaudara memberikan pizza secara gratis. Langkah tersebut dilakukan untuk menggelitik minat para penggemar pizza di Amerika yang jumlahnya lumayan besar.

Kini Pizza Hut menjadi salah satu restoran terbesar di dunia. Di negeri asalnya, Pizza Hut tersebar di 7.200 lebih gerai. Kini, dominasi Pizza Hut mencapai 12.000 lebih gerai yang tersebar di lebih dari 90 negara.

Banyak orang Indonesia kenal pizza dengan ukuran dough (roti) yang diadaptasi dari gaya Amerika. Tapi tak sedikit pula yang lebih suka pizza berbasis cita rasa Italia, yang lebih tipis. Apa pun pilihannya, cuma Anda yang bisa menilai, mana yang lebih nikmat jika bersentuhan dengan lidah Anda.

 

Benarkah Pizza Berasal Dari Italia?

Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *