Simak Cara Investasi Reksadana dengan Risiko Kecil

Cara Investasi Reksadana

Sekarang ini, investasi Reksadana telah menjadi salah satu pilihan investasi yang diminati. Cara investasi Reksadana pun mudah karena kamu tidak harus mengelola dana investasi, melainkan pihak manajer investasi yang melakukannya. Untuk itu, investasi Reksadana ini cocok untuk dipilih oleh kamu yang baru terjun dalam dunia investasi.

Selain mudah, cara investasi Reksadana kian praktis karena bisa dilakukan secara online. Kamu bisa berinvestasi kapanpun dan dimanapun tanpa harus keluar rumah. Cara investasi Reksadana online bisa dimulai dengan membuat akun investasi di platform atau marketplace investasi. Lebih jelasnya, bisa kamu simak di bawah ini.

Tentang Investasi Reksadana Online

Reksadana merupakan jenis investasi yang dilakukan dengan cara menghimpun dana masyarakat pemodal, kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek. Seiring berkembangnya teknologi, cara investasi Reksadana juga bertransformasi secara digital sehingga bisa dilakukan dengan online.

Investasi Reksadana tersebut juga ada beragam jenisnya. Beberapa jenis investasi Reksadana tersebut bisa kamu pahami berikut ini.

1. Investasi Reksadana pasar uang

Cara investasi Reksadana jenis ini, yaitu dana diinvestasikan pada instrumen pasar uang dalam negeri dalam jangka waktunya tidak lebih dari 1 tahun.

2. Investasi Reksadana pendapatan tetap

Jenis investasi Reksadana ini merupakan investasi yang memiliki nilai paling sedikit 80% dari total aset yang berbentuk obligasi atau efek utang.

3. Investasi Reksadana campuran

Berbeda dengan jenis investasi lainnya, cara investasi Reksadana campuran ini dilakukan pada beberapa jenis Reksadana sekaligus seperti saham, pasar uang, dan surat utang.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Isi Pulsa By.U Dengan Aplikasi DANA

4. Investasi Reksadana saham

Hampir mirip dengan investasi Reksadana pendapatan tetap, investasi Reksadana saham ini memiliki nilai paling sedikit 80% tetapi dalam bentuk saham.

Tips Meminimalisir Kerugian Investasi Reksadana Online

Meski cara investasi Reksadana online mudah dan praktis, tetapi terkadang ada kendala atau permasalahan yang membuat investasi tersebut mengalami kerugian. Namanya juga investasi, jadi pastinya ada risiko kerugian yang harus diterima.

Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk memahami cara investasi Reksadana dengan baik agar bisa mendapatkan keuntungan optimal bukan kerugian. Berikut beberapa tips meminimalisir risiko investasi Reksadana yang bisa kamu terapkan.

Investasi bukan sekadar ikut-ikutan

Terkadang melihat kinerja investasi teman-teman atau rekan kerja yang berhasil meraup keuntungan besar memang membuat iri. Namun, bukan berarti kamu harus mengikuti cara investasi Reksadana seperti mereka.

Sebaiknya, keputusan investasi Reksadana disesuaikan dengan tujuan kamu bukan sekadar ikut-ikutan membeli produk Reksadana seperti yang lainnya. Kamu bisa menentukan pilihan Reksadana yang tepat dengan melihat data atau kinerja Reksadana yang terbaik, serta update informasi seputar bisnis dan ekonomi.

Memahami profil risiko

Setiap orang memiliki kapasitas dan tujuannya masing-masing dalam berinvestasi. Kapasitas tersebut bisa ditinjau dari profil risiko yang menggambarkan seberapa besar kesanggupan investor dalam menerima potensi kerugian yang nantinya terjadi.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Update Mod Internet Café Simulator Terbaik, berikut link downloadnya

Biasanya, profil risiko tinggi dipakai sebagai cara investasi Reksadana para investor yang menginginkan keuntungan besar tetapi risiko kerugiannya tinggi pula. Sementara, risiko rendah akan memberikan keuntungan yang memang kecil.

Diversifikasi portofolio Reksadana 

Ini merupakan salah satu tips wajib dalam meminimalisir kerugian investasi. Apabila kamu hanya membeli satu produk Reksadana, lalu mengalami penurunan tentu sangat terasa kerugiannya. Namun, dengan diversifikasi akan membuat kerugian tidak terlalu besar.

digibank by DBS, Strategi Tepat Investasi Reksadana Online

Jika kamu berminat investasi ini, kamu bisa memilih digibank by DBS sebagai cara investasi Reksadana online kamu. Investasi Reksadana di digibank by DBS menawarkan beragam keunggulan yang bisa kamu rasakan seperti berikut.

Investasi online via aplikasi

Investasi Reksadana di digibank by DBS cukup dilakukan dengan menggunakan aplikasinya. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan pembelian, penjualan, registrasi Single Investor Identification (SID) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, hingga switching investasi. Kamu juga bisa mengakses beragam informasi seputar investasi sehingga dapat menambah wawasan kamu.

Terdapat 50 lebih produk Reksadana yang bisa dipilih

Dalam Aplikasi digibank by DBS tersebut, telah tersedia lebih dari produk Reksadana yang dapat kamu beli. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan produk Reksadana yang itu-itu aja.

Menyediakan 3 kategori Reksadana

Tidak hanya itu, kamu juga bisa meyakinkan diri dalam membeli produk Reksadana berdasarkan kategori yang terbaik. digibank by DBS menyediakan beragam pilihan Reksadana yang dikategorikan berdasarkan kinerja dan scoring terbaik, serta terpopuler.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Kumpulan Game Android Paling Populer

Dengan tersedianya kategori tersebut, kamu tidak perlu ikut-ikutan dalam membeli produk investasi karena bisa menentukannya dari data yang kamu peroleh. Di sisi lain, kamu jadi tahu pula pergerakan atau kinerja dari investasi Reksadana yang kamu beli.

Pembelian sifatnya lebih fleksibel 

Setelah kamu melakukan registrasi akun di digibank by DBS, kamu akan mendapatkan Single Investor Identification (SID). Lalu, kamu dapat berinvestasi langsung dengan membeli produk Reksadana pilihanmu melalui aplikasi tersebut.

Investasi Reksadana di digibank by DBS ini juga menawarkan fleksibilitas, yakni nominal investasi per bulan yang bisa kamu atur. Ditambah lagi, kamu bisa mengatur tanggal pendebetan secara otomatis dari aplikasi.

Modal investasi minimal Rp100.000 

Selain itu, cara investasi Reksadana di digibank by DBS makin mudah buat kamu yang terbatas dalam dana awal investasi. Modal awal investasi yang bisa kamu keluarkan minimal hanya Rp100.000 sehingga tidak perlu modal yang besar.

Itulah beberapa keunggulan investasi Reksadana yang bisa kamu rasakan jika memilih digibank by DBS sebagai cara investasi Reksadana kamu. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan referensi buat kamu yang berminat berinvestasi.

 

Cara Investasi Reksadana dengan Risiko Kecil

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.