Manajemen Stres di Keluarga

Rutinitas sehari-hari yang sangat cepat dan padat dapat menimbulkan stres bagi orang tua. Padahal, orang tua harus terpenuhi kebutuhan dan sejahtera secara fisik, mental, emosional karena untuk menjalankan segala perannya secara optimal, baik di rumah maupun dalam pekerjaan sebagai seorang profesional.

Manajemen Stres di Keluarga

Pakar Stress Management & Hypno Parenting, Kirdi Putra, mengatakan, aktivitas parenting merupakan hal yang menantang karena akan berhadapan dengan tekanan yang cukup besar, dimana jika orang tua merasa tertekan akan berakibat tingginya tekanan kepada anak.

“Dalam menghadapi stres, orang tua membutuhkan cara dan untuk itu membutuhkan ‘tombol berhenti sejenak’ untuk sejenak berpikir dan melakukan instropeksi diri,” kata Kirdi.

Kirdi menambahkan, pentingnya orang tua menyadari dan memiliki kendali terhadap penanganan stres dan bersama-sama sebagai sebuah tim, orang tua dan anak untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Menghadapi tekanan atau stres bersama-sama

Pakar Montessori, Henderina Corry, juga berbagi cerita tentang metode belajar yang akan membuat anak menjadi lebih bahagia dan menumbuhkan kebersamaan dengan orang tua supaya tercipta hubungan dua arah yang harmonis.

Banyak hal yang perlu diperkenalkan kepada anak, agar mereka dapat mempelajarinya dengan mudah dan menyenangkan sesuai pertumbuhkan dan kebutuhan mereka.

Salah satu yang paling mendasar adalah kemandirian. Hal ini dapat dilakukan dengan melatih kemampuan dasar mereka, kemampuan mengurus diri, kemampuan mengurus lingkungan, hingga melatih budi pekerti.

Diperlukan peran serta orang tua untuk melatih anak-anaknya sejak dini yang bisa dimulai dari hal kecil seperti memakai baju sendiri, membawa barang, membuka dan menutup, hingga berterima kasih, dan meminta maaf.

Anak yang mandiri mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.

Dengan menghadapi tekanan atau stres bersama-sama, dalam jangka panjang, mampu menciptakan hubungan yang lebih harmonis antara orang tua dan anak.

Satu hal penting yang perlu diingat, kita tidak bisa memilih apa yang terjadi di sekitar kita. Namun, kita bisa memilih respon terhadap hal tersebut, dan menjadi erat kaitannya dalam menciptakan keluarga yang sejahtera.

 

Manajemen Stres di Keluarga – Kumau Info

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *