Manfaat Limbah Hasil Olahan Rumput Laut

Rumput laut banyak dikenal orang sebagai bahan baku makanan yaitu agar-agar. Akan tetapi, rumput laut juga menyimpan sejuta manfaat lainnya. Selain dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif, limbah sampingan hasil olahan rumput laut dapat diolah menjadi produk bernilai tinggi dengan manfaat yang berbeda.

Manfaat Limbah Hasil Olahan Rumput Laut

Limbah rumput laut berupa pigmen merupakan zat warna yang mengandung beta-karoten dan klorofil untuk fotosintesis.

Manfaat Limbah Rumput laut

Kandungan beta-karoten dan klorofil pada rumput laut dapat membantu proses penangkapan sinar matahari untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi makanan bagi tanaman. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pemeka sel surya.

Zat beta-karoten yang ditempelkan pada sel surya terbukti menghasilkan arus listrik di permukaan sel tersebut sehingga dapat digunakan sebagai antena penangkap energi foton pada sel surya. Bangunan yang jendela-jendelanya dilapisi dengan beta-karoten hasil olahan limbah alga bisa difungsikan sebagai power house.

Zat klorofil pada limbah rumput laut berupa pigmen merupakan zat warna juga bisa diolah menjadi bahan kosmetik ataupun klorofil kemasan untuk dijual secara komersial.

Bahkan jenis Klorofil A murni ternyata mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, yaitu mencapai Rp 70 juta per miligramnya.

Selain itu Klorofil A juga bisa digunakan untuk Photo Dynamic Therapy (PDT), yakni pengobatan kanker dengan menginjeksikan klorofil ke penderita kanker.

Photo Dynamic Therapy (PDT)

Kemudian Tubuh penderita akan disinari sehingga oksigen di sekitar berubah menjadi oksigen radikal yang akan membunuh sel kanker.

Selain klorofil, limbah lain dari pengolahan rumput laut adalah cangkang jenis Navicula Sp. yang dapat digunakan sebagai bahan nanobiosilika dan nanomaterial untuk katalis berbasis ziolit.

Besarnya potensi pasar untuk olahan limbah alga merupakan suatu peluang industri tambahan selain pengolahan bahan bakar biodiesel mikroalga.

Jika produksi dilakukan dalam skala besar, volume limbah banyak, serta produksi minyak dan limbah berjalan, kita dapat menjual produk murah yang dibutuhkan banyak orang yang otomatis membuka industri dan lapangan kerja baru.

Sumber:  Zeily Nurachman, dosen Program Studi Kimia ITB,di laman www.itb.ac.id

 

Manfaat Limbah Hasil Olahan Rumput Laut – Info Teknologi

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *