Kiat Mudik Aman Dengan Sepeda Motor

Setiap Lebaran atau Idul Fitri kembali akan diwarnai mudik masyarakat terutama dari kota ke kampung, dan yang dominan adalah dari ibukota Jakarta ke kota-kota lainnya. Bahkan mudik Lebaran sudah menjadi ritual tahunan yang dilakukan sebagian besar orang Indonesia saat menyambut hari Lebaran.

motor mudik lebaran

Banyak orang yang melakukan mudik karena antara lain untuk melepas rindu dengan kampung halaman sambil bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung, sampai dengan yang hanya ingin berlibur saja di kampung halaman demi mencari suasana baru yang tidak terdapat di kota.

Kiat Mudik Aman Dengan Sepeda Motor

Mengingat sepeda motor kini menjadi salah satu moda transportasi mudik Lebaran yang setiap tahunnya jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua ini menunjukan peningkatan, ada beberapa kiat yang harus diperhatikan oleh pengguna sepeda motor.

Kiat pertama dan terutama, pastikan kondisi sepeda motor Anda.

Begitu banyak kemungkinan buruk yang dapat terjadi di jalan raya. Untuk itu, persiapkan sepeda motor sebaik-baiknya. Selain pemeriksaan dan perawatan yang teratur juga lakukan tune up dan pengecekan sepeda motor secara keseluruhan untuk memastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan fit mencakup bahan bakar, sistem pengereman dan kelaikan fungsi mekanikal maupun elektrikalnya.

Kiat kedua, siapkan kondisi fisik Anda.

Pastikan kondisi tubuh Anda benar-benar fit, baik pengendara maupun penumpang. Karena mudik biasanya dilakukan pada saat Ramadhan, hitung kembali waktu untuk memulai perjalanan Anda, sehingga Anda merasa benar-benar fit. Dan beristirahatlah dan jangan dipaksakan berkendara jika capek.

Kiat ketiga ialah gunakan selalu helm standar.

Ya, gunakan helm yang telah memenuhi standar serta menutupi seluruh wajah Anda. Pastikan kaca helm Anda cukup jernih untuk melihat di malam hari jika melakukan perjalanan mudik. Sebaiknya tidak digunakan helm yang telah berusia lebih dari 5 tahun.

Kiat keempat, gunakan pakaian dan sepatu yang aman dan nyaman.

Gunakan pakaian yang tepat untuk mengendarai sepeda motor jarak jauh, pakaian yang tepat akan melindungi Anda dan mengurangi risiko kerusakan fisik akibat kecelakaan. Sebaiknya pakaian yang digunakan dapat menyerap keringat bila perjalanan siang hari dan memberikan rasa hangat bila menempuh perjalanan malam hari.

Kiat kelima, patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas!

Kecelakaan lalu lintas umumnya diawali menyalahi aturan lalu lintas dan kelalaian pengendara. Patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas dan ikuti petunjuk petugas yang umumnya diterjunkan untuk membantu kelancaran mudik lebaran.

Ini adalah fase terpenting mudik Anda. Ada beberapa kiat yang dapat Anda lakukan.

  • Sebagai permulaan, perhatikan posisi sepeda motor dan badan anda terutama pada saat anda akan menikung atau memutar
  • Jangan terlalu mengandalkan kaca spion.
  • Kemudian, jaga jarak Anda dengan kendaraan lainnya karena jarak yang tepat memberikan kesempatan lebih banyak buat Anda untuk bereaksi lebih baik.

Dengan segala suka-duka ragam kisah mudik lebaran di sekitarnya, kita mesti bersyukur. Karena minimal tiap tahun, sebenarnya kita sudah diingatkan pada satu tujuan yaitu kembali kepada fitrah, suci dari dosa dan perbuatan-perbuatan tercela.

Ini Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

 

Kiat Mudik Aman Dengan Sepeda Motor

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code