Sering Dianggap Sama, Ini Letak Perbedaan antara Investasi dan Asuransi

Hampir kebanyakan orang mungkin salah kaprah dan mengira bahwa asuransi itu merupakan bagian dari investasi.. Banyak yang beranggapan bahwa kedua hal tersebut sama persis, tidak ada perbedaannya. Padahal, jika diusut secara dalam, keduanya mempunyai perbedaan satu sama lain, lho.

Perbedaan antara Investasi dan Asuransi

Perbedaan antara Investasi dan Asuransi

Lantas, kira-kira apa saja, sih, letak perbedaan antara asuransi dan investasi? Daripada semakin penasaran, yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Tujuan

Perbedaan pertama yang terlihat sangat menonjol antara kedua hal tersebut adalah dari segi tujuan. Pada dasarnya, investasi adalah menanam keuangan di dalamnya dan berharap bertambah dari waktu ke waktu agar dapat membeli sesuatu yang diinginkan, misalnya properti, menikah, mobil, dan lain-lain.

Sementara itu, asuransi pada dasarnya tidak mempunyai tujuan seperti di atas. Asuransi mempunyai tujuan untuk mengurangi risiko kesehatan serta membiayai pendidikan anak. Selain itu, asuransi juga bertujuan untuk menciptakan finansial yang sehat saat orang tua sudah tidak ada.

Kita bisa lihat fungsi-fungsi dari asuransi kesehatan, pendidikan, dan asuransi jiwa. Ketiga asuransi tersebut sama sekali tidak bertujuan untuk membeli suatu barang.

2. Risiko

Seperti yang kita ketahui, investasi memang mengundang risiko-risiko yang tidak bisa diduga. Tiap waktunya asset bisa saja bertambah atau bahkan berkurang. Di sinilah letak seseorang harus berhati-hati dalam investasi.

Sementara itu, risiko yang didapatkan dari asuransi sudah pasti dan dapat diduga, seperti wafat dan sakit. Oleh karena itu, kamu harus pandai dalam mengatur asuransi jiwa dan asuransi kesehatan agar dapat dikelola dengan baik.

3. Dana yang dikeluarkan

Dana yang harus dikeluarkan untuk investasi pada dasarnya bersifak fleksibel. Di bulan pertama kamu bisa mengeluarkan Rp1 juta, lalu bulan kedua mungkin Rp10 juta.

Nah, hal tersebut berbeda dengan asuransi. Kamu harus membayar premi dengan besaran yang sama tiap bulannya sesuai kesepakatan di awal dengan pihak perusahaan asuransi.

Itu dia penjelasan singkatnya. Jika kamu benar-benar tertarik untuk ambil asuransi, sebaiknya gunakan perusahaan asuransi di Jakarta yang bernama Generali Indonesia.

Perusahaan ini sudah dipastikan aman dan terpercaya karena terdaftar di OJK. Generali Indonesia menyajikan beragam asuransi, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga perlindungan jiwa. Tentu saja, premi yang dibayarkan pun terbilang sangat terjangkau sehingga cocok digunakan untukmu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera amankan asuransimu bersama Generali, ya!

 

Inilah Letak Perbedaan antara Investasi dan Asuransi

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *