Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dunia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seiring dengan perkembangan peradaban manusia dari zaman pra-sejarah hingga zaman modern. Pada era modern saat ini dimana kecanggihan TIK yang ada adalah hasil dari evolusi yang akan tetap terus berlanjut hingga masa mendatang. Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi informasi tersebut membuat komunikasi antar manusia tidak dibatasi lagi oleh waktu dan biaya yang mahal.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memang jauh lebih pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Namun perkembangan tersebut tidak terlepas dari hasil dari evolusi teknologi dimana terjadi transformasi dari teknologi masa lalu menjadi teknologi yang lebih canggih, mudah dan cepat.

Berikut beberapa teknologi informasi dan komunikasi yang ada sebelumnya.

1. Masa Prasejarah (Hingga 3000 SM)

Manusia prasejarah memulai menggunakan teknologi dalam berkomunikasi dengan cara menggambar pada dinding-dinding gua tempat mereka tinggal. Kemudian berkembang isyarat, lalu alat seperti kentongan yang terbuat dari tanduk hewan serta juga memulai dengan simbol-simbol pictograf untuk melambangkan huruf.

2. Masa Pasca Prasejarah/Masa Sejarah (3000 SM – 1400 SM)

Pada masa ini merupakan cikal-bakal teknologi modern, antara lain:

  • Pada 2900 SM, bangsa Mesir menciptakan huruf hieroglyph yang berupa simbol-simbol untuk mewakili setiap pembicaraan atau ungkapan.
  • Pada 500 SM, ditemukannya media kertas pertama kali dengan menggunakan tumbuhan papyrus.
  • Pada 500 SM, bangsa Cina mengembangkan kertas yang seperti kita gunakan saat ini.

3. Masa Modern (1400 M – Sekarang)

  • Pada 1455, Jonathan Gutenberg menggunakan mesin cetak untuk mencetak plat huruf.
  • Pada 1830, Augusta Lady Byron dan Charles Babbage berhasil menulis program komputer yang pertama kali dengan menggunakan mesin analytical untuk mengolah data dan menghasilkan keluaran dalam bentuk kartu.
  • Pada 1837, Samuel Morse bersama dua rekannya sukses mengembangkan mesin telegraf yang berupa kode Morse. Kode ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan melalui kabel yang dihubungkan pada dua lokal dan diproses dalam waktu yang bersamaan.
  • Pada 1861,ditemukannya teknologi cikal-bakal film yang mirip seperti sekarang ini, di mana gambar dibuat bergerak dan diproyeksikan menggunakan sebuah layar besar.
  • Pada 1876, dikembangkannya penulisan bilangan desimal oleh Melvyl Dewey.
  • Pada 1877, “perangkat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell, di mana pada tahun yang sama Edward Muybridge juga berhasil menemukan teknologi fotografi dengan kecepatan tinggi.
  • Pada 1899, media penyimpanan ditemukan, namun masih mengunakan pita magnetis yang bersifat analog.
  • Pada 1923, Zvorkyn berhasil menemukan TV tabung pertama.
  • Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan Clifforf Berry menciptakan komputer elektronik digital pertama.
  • Pada 1940, komputer digital pertama yang dibuat oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifforf Berry lebih dimaksimalkan pengembangan teknologi komunikasinya untuk pengiriman dan penerimaan dokumen militer pada saat PD II.
  • Pada 1945, Pasca PD II, Vannevar Bush menemukan sistem pengkodean menggunakan hypertext, yang merupakan teknologi cikal-bakal pembuatan website.
  • Pada 1946, Teknologi komputer ENIAC I dikembangkan untuk pertama kali dan digunakan dalam instansi tertentu.
  • Pada 1948, para peneliti berhasil menemukan dan mengembangkan transistor.
  • Pada 1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor.
  • Pada 1972, cikal-bakal teknologi e-mail ditemukan oleh Ray Tomlinson dan dipergunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.
  • Pada 1973-1990 setelah melewati berbagai macam revolusi teknologi, akhirnya internet mulai dikembangkan. Bahkan protokol jaringan berupa TCP/IP juga telah ditemukan oleh DARPA. Dengan demikian maka, internet siap diperkenalkan. Kemudian berselang beberapa tahun, tepatnya pada 1986, pihak IETF mengembangkan sebuah server yang digunakan sebagai alat koordinasi di antara DDN, ARPANET, dan Internet Gateway”.
  • Dari 1991 sampai sekarang, istilah WWW (World Wide Web) diperkenalkan oleh CERN, yang selanjutnya pada 1992 hingga sekarang perkembangan teknologi mutakhir telah merambah ke seluruh dunia.

Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Tidak ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer.

Keberadaannya telah menghilangkan garis-garis batas antar negara dalam hal flow of  information. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat.

 

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dunia

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *