Skywalk Kaca Terpanjang dan Tertinggi di China

Di sisi gunung Tianmen dan Zhang Jiajie provinsi Sichuan, sebelah barat daya Tiongkok (China) terdapat skywalk (jalur berjalan kaki) berupa jembatan yang terbuat dari kaca, sebagai obyek wisata yang cukup ekstrim.  Jembatan ini disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang dan tertinggi di dunia.

Pengunjung akan merasakan sensasi luar biasa saat berjalan di atas titik tertinggi 300 meter di atas permukaan tanah, dengan panjang 100 Meter dan lebar jalan 1,5 meter. Selain wisata ekstrem, kawasan wisata ini juga menyajikan pemandangan yang menakjubkan dimana Taman Nasional Zhangjiajie banyak tebing menjulang menembus awan.

Menapaki jalan kaca (skywalk kaca) di China ini merupakan sebuah pengalaman yang banyak dinanti-nanti wisatawan meskipun tak sedikit wisatawan merasakan ketakutan, hingga lututnya gemetar karena takut ketinggian. Namun ada juga yang menikmatinya karena menarik tantangan adrenalinnya.

Jembatan ini juga dapat dibilang ekstrem karena terbuat dari kaca sehingga siapa pun yang melewatinya akan bisa melihat pemandangan apa pun yang berada di bawah jembatan ini, langsung di bawah kaki mereka. Dari jembatan transparan ini, pemandangan indah di sekitar Zhangjiaje Grand Canyon akan terlihat memukau, tentu saja jika berani membuka mata saat menyeberangi jembatan.

Jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia ini diresmikan tahun 2016 ini Disebut sebagai skywalk (jalur berjalan kaki) ekstrem di Kawasan Wisata Zhangjiajie. Dikatakan ekstrem karena objek wisata China yang satu ini terbuat dari kaca setinggi 4.900 kaki atau 1.403 meter di tepi tebing.

Skywalk ini dibangun di Gunung Tianmen, Taman Nasional Zhangjiajie, Provinsi Hunan dengan nama Coiling Dragon Cliff Skywalk alias naga melingkari tebing. Panjangnya 100 meter dan lebarnya hanya 1,6 meter. Karena tempat pijakan terbuat dari kaca, maka pemandangan di bawah kakimu adalah tanah nun jauh di sana setinggi 1.403 meter alias separuh tinggi Gunung Merapi.

Untuk menjamin keselamatan pengunjung, pegangan tangan jembatan di las dengan besi siku. Selain itu ketebalan kaca adalah 2,4 sentimeter dengan susunan ganda yang mampu menahan beban seberat 1000 kilogram per meter persegi. Ada bagian sepanjang 50 meter dengan bagian bawah dan sisinya terbuat dari kaca. Ini memang amat menarik dan menegangkan.

Pihak pengelola jembatan lebih mementingkan keamanan dari jembatan kaca. Untuk membuktikan bahwa ini aman, sebuah mobil dicoba berjalan melintasi struktur jembatan kaca ini. Mereka juga turut mengundang sejumlah jurnalis untuk mencobai berjalan di kaca tebal tersebut.

Namun, jembatan kaca ini akan tutup jika cuaca buruk untuk alasan keamanan. Pengunjung hanya dibolehkan membawa dompet dan ponsel saat menyeberang di jembatan. Sangat tidak dianjurkan bagi yang punya masalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau takut akan ketinggian.

 

Skywalk Kaca Terpanjang dan Tertinggi di China

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *