Nama-nama Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur
Home » » Nama-nama Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur

Nama-nama Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu berada di puncak Gunung Kelimutu yang memiliki ketinggian 1.640 meter di atas permukaan laut di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur Indonesia. Danau ini memiliki 3 kawah dari proses vulkanis gunung api dengan tiga warna airnya yaitu merah, biru, dan putih dan merupakan salah satu objek wisata populer di Indonesia.


Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur


Bagi masyarakat setempat, ketiga danau (atau tiwu) di puncak Kelimutu ini memiliki nama untuk masing-masing danau, yaitu:
  1. Danau Pemuda dan Gadis (Tiwu Nua Muri Koo Fai ) dengan kedalaman danau sekitar 127 meter dan luas sekitar 5,5 hektare.
  2. Danau yang Mempesona (Tiwu Ata Polo) kedalaman danau 64 meter dengan luas 4 hektare. Danau itu menjadi salah satu sumber mata air Sungai Ria Mbuli di gunung Kelimutu.
  3. Danau Orang TuaTiwu Ata Mbupu) dengan kedalaman 67 meter dan luasnya sekitar 4,5 hektare.
Keunikan dari danau Kelimutu adalah warna air danau bisa berubah-ubah meskipun tidak ada jadwal dan pola perubahan yang pasti. Menurut catatan Balai Taman Nasional Kelimutu, dari tahun 1915 hingga 2011, telah mengalami beberapa kali perubahan warna. Tiwu Nua Muri Koo Fai berubah warna 25 kali, Tiwu Ata Polo mengalami 44 kali perubahan warna dan Tiwu Ata Mbupu telah 16 kali berganti warna.

Sumber: Danau Kawah Kelimutu


Nama-nama Danau Kelimutu - Info Wisata

0 comments:

Posting Komentar

Komentar di Moderasi dan Tidak menerima Link Aktif - Promosi

Copyright © 2015. Kumau Info. All rights reserved