3 Jenis Pemeriksaan yang Bisa Dilakukan untuk Mengetahui Gangguan Telinga

Efektivitas dalam proses komunikasi bisa terjadi salah satunya karena kedua belah pihak mendengar pesan yang disampaikan dengan baik. Sehingga jika salah satu diantaranya memiliki masalah dengan pendengaran sudah pasti akan jadi sering salah tanggap atau miss komunikasi, sehingga jangan menganggap sepele hal yang satu ini.

Jenis Pemeriksaan Mengetahui Gangguan Telinga

Beberapa orang bahkan tidak segan menggunakan alat bantu dengan tersebut. Nama alat bantu dengar ini adalah hearing aid dan bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

Patut untuk diketahui juga bahwa pada dasarnya jika kondisi pada pendengaran ini tidak segera ditangani ternyata bisa memicu resiko demensia. Demensia adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental.

3 Jenis Pemeriksaan Mengetahui Gangguan Telinga

Umumnya gangguan pada pendengaran ini sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis pengujian, diantaranya adalah:

1. Pemeriksaan telinga, pemeriksaan pertama yang dilakukan oleh dokter biasanya adalah dengan melihat telinga dan memeriksa apakah mungkin ada hal-hal yang sifatnya menyumbat indera pendengaran tersebut. Pemeriksaan semacam ini nantinya akan dilakukan oleh dokter dengan menggunakan alat yang bernama otoskop.

2. Uji garpu tala, pengujian lainnya yang akan dilakukan adalah pengujian garpu tala, alat yang satu ini tak hanya bisa mendeteksi bagian telinga mana yang mengalami kerusakan, karena sering kali kerusakan pada telinga tidak terjadi pada keduanya, melainkan hanya salah satu bagian saja.

3. Uji audiometri nada murni, untuk pengujian yang satu ini nantinya akan menggunakan sebuah mesin yang mengeluarkan suara-suara beragam, volume dan juga frekuensi yang berbeda-beda, penderita akan mendengarkannya melalui headphone dan nantinya penderita akan diminta untuk menekan sebuah tombol jika seandainya endengar suara tersebut.

Jadi jika sudah mulai terdeteksi gejala semacam pendengaran yang bermasalah maka ada baiknya bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter, sehingga nantinya bisa diketahui apakah ada kemungkinan tuli atau tidak.

Kunjungi hearing aid Jakarta yang menawarkan produk alat bantu untuk pendengaran ini, diantaranya bisa dijumpai di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai, pembelian bahkan juga bisa dilakukan secara online, belilah sesuai dengan kebutuhan Anda untuk membantu komunikasi lebih lancar.

 

3 Jenis Pemeriksaan yang Bisa Dilakukan untuk Mengetahui Gangguan Telinga

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *