5 Langkah Belajar Bahasa Jerman Dasar tentang Grammar

Bahasa Jerman Dasar. Stereotip dari bahasa Jerman adalah terdengar kasar dan sulit untuk dimengerti. Jika mempelajari bahasanya, grammar cukup rumit dan kalimatnya sangat panjang.

belajar grammar bahasa jerman

Inilah yang harus dilewati bagi kamu yang ingin bisa menguasai bahasa Jerman dengan cepat, akan tetapi kamu bisa mempelajarinya di Virtu Education.

Semua jenis bahasa asing memiliki elemen yang terdengar aneh dan harus diterima bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Bahasa Jerman memang bukan bahasa ibu yang dimiliki, tetapi bukanlah tidak mungkin untuk mempelajarinya. Jika kamu saat ini sudah mempelajari bahasa Jerman dasar seperti alfabet dan menguasai kosakata sehari-hari maka inilah saatnya untuk belajar tentang grammar.

Cara Belajar Grammar Dasar Bahasa Jerman

Memang, lebih banyak orang percaya akan kesulitan dan takut akan mempelajari bahasa Jerman. Justru karena itulah, kamu harus bersikap positif menanggapinya. Tak perlu takut untuk mempelajari grammar bahasa Jerman terlebih dahulu. Fokuslah bahwa diri sendiri bisa mempelajarinya yang akan mempermudah proses pembelajaran.

Kepercayaan diri untuk belajar sudah dimiliki, maka ikuti dengan beberapa elemen yang harus dipelajari berikut ini.

1. Mempelajari gender untuk setiap kata benda

Struktur kalimat dalam grammar Jerman mengacu pada kata spesifik yang terbagi dalam maskulin, feminin dan juga netral. Ketiganya disebut sebagai gender. Kamu bisa membuat kalimat yang berbeda berdasarkan kata benda tersebut. Buatlah tabel dan klasifikasikan kata benda sesuai dengan gender yang telah menjadi acuan tersebut.

2. Belajar dasar dari struktur kalimat

Struktur kalimat bukan hanya terdiri dari noun yang terbagi dalam gender. Ada beberapa struktur lain yang juga perlu dipelajari sama halnya dalam bahasa Indonesia. Kamu tidak perlu tahu keseluruhannya tetapi struktur dasar yang akan menjadi kata sambung, kata bantu, kata kerja, dll.

Di antara bagian-bagian tersebut beberapa bagian pentingnya adalah noun, pronoun, adjective, verb, preposition, participle, definite and indefinite articles.

3. Jangan lupa monitor hasil belajar

Hal ini perlu dilakukan dalam semua aspek bahkan bukan hanya belajar grammar bahasa Jerman saja. Sangat penting untuk memonitori sejauh mana kamu sudah menguasai grammar dasar. Jika kamu ingin mempelajari materi baru maka buatlah waktu yang lebih banyak lagi.

Jangan lupa untuk membuat catatan harian apa saja yang sudah dipelajari, ulangi materi tersebut hingga akhirnya kamu bisa menghafalkan di luar kepala.

4. Belajar mengucapkan kata secara langsung

Materi yang dipelajari adalah grammar, namun bukan berarti tidak mempelajari cara mengucapkannya dengan benar. Jangan habiskan waktu pada kata-kata yang tidak sering digunakan. Mulailah dengan mengucapkan kalimat yang sering digunakan sehari-hari.

Sebagian besar orang percaya bahwa mempelajari 300 kata sudah cukup untuk melakukan percakapan. Melalui 300 kata yang sering digunakan kamu akan lebih mudah berkomunikasi nantinya.

5. Mempelajari 5 jenis modal

Sama seperti bahasa Inggris, untuk mempermudah menghafalkan verb sebaiknya belajar modal atau kata ganti kerja. Ada lima jenis kata ganti kerja dalam bahasa Jerman yang perlu dipelajari yaitu Ich möchte (I want, I would like), Ich kann (I can), Ich werde (I will), Ich werde (I will), Ich muss (I must).

Jika kamu merasa kesulitan untuk membentuk kalimat menggunakan kata kerja, maka gantilah dengan kelima modal tersebut.

Berlatih bahasa asing harus dilakukan secara rutin. Semakin rutin maka otak akan menerima materi dengan lebih mudah. Tujuannya adalah untuk bisa menghafalkan semua struktur dan kosakata dengan lebih lancar baik tulisan atau lisan.

 

Belajar Bahasa Jerman Dasar tentang Grammar

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code