Karakterisitik dan Kenampakan Alam

Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam. Kenampakan alam yang dapat kita lihat adalah yang ada di permukaan bumi. Kedudukan tinggi rendahnya permukaan bumi disebut relief permukaan bumi.

Karakterisitik dan Kenampakan Alam

Keadaan permukaan bumi di setiap wilayah tidak rata atau berbeda-beda. Bentuk muka bumi pada wilayah daratan dapat berupa pantai, dataran rendah, pegunungan, dataran tinggi dan gunung. Sedangkan wilayah perairan meliputi sungai, danau, rawa, selat dan laut.

Karakteristik Alam

Adapun beberapa karakteristik alam yang dapat kita pahami bersama adalah sebagai berikut:

1. Dataran Rendah

Dataran rendah adalah daerah yang relatif datar atau lebih rendah, yang memiliki ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut. Daerah dataran rendah umumnya terdapat banyak aliran sungai, dan keadaan udaranya panas.

2. Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah daerah yang relatif datar, memiliki ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Udara di daerah dataran tinggi sejuk dan dingin. Terbentuknya dataran tinggi karena desakan tenaga dari dalam bumi.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Keadaan Iklim di Indonesia

3. Gunung

Gunung ada dua dua macam, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi atau gunung mati. Gunung berapi terbentuk oleh lapisan material yang keluar dari perut bumi. Gunung berapi yang masih hidup atau aktif gejala yang tampak adalah timbulnya ledakan atau letusan kegiatan gunung berapi diawasi oleh jawatan geologi. Jawatan ini memiliki alat pencatat gempa bumi yang disebut seismograf. Berapa bentuk gunung api, yaitu; gunung api kerucut (strato), gunung api landai (maar) dan gunung api perisai (tameng). Bentuk ini dipengaruhi oleh letak dapur magma dan sifat magma yang keluar dari perut bumi.

4. Pegunungan

Pegunungan adalah daratan bergunduk besar, luas, memanjang dan tinggi. Pegunungan terbentuk oleh gerakan pergeseran kulit bumi. Gerakan ini adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Pegunungan biasanya memiliki ketinggian 700 meter atau lebih di atas permukaan air laut. Daerah pegunungan iklim udaranya sejuk dan segar.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Tips Menghadapi Gempa Bumi

5. Pantai

Pantai adalah daratan di tepi laut. Bentuknya ada yang landai dan terjal. Pantai terbentuk antara lain karena mendapatkan pengaruh gerakan air laut, seperti gelombang, pasang dan arus.

6. Wilayah perairan

Jenis-jenis bentuk wilayah perairan antara lain sebagai berikut:

  1. Laut. Laut adalah genangan air yang sangat luas dan dalam. Kedalamannya mencapai 1.000 meter atau lebih. Sedangkan ke dalaman laut tepi antara 0 meter sampai 200 meter. Air laut rasanya asin karena mengandung garam. Di dalam laut terdapat banyak kehidupan antara lain tumbuhan laut, kerang, dan beberapa jenis ikan.
  2. Sungai. Sungai adalah aliran air yang mengalir di daratan. Sungai pada bagian awal atau hulu berukuran kecil bermula dari daerah pegunungan. Mengalir ke tempat yang lebih rendah, akhirnya bermuara di laut atau danau. Makin dekat ke arah laut atau danau permukaan sungai makin melebar.
  3. Danau. Danau adalah daratan yang cekung dan terisi oleh air. Pada umumnya genangan air danau relatif luas. Berdasarkan cara terbentuknya ada dua macam, yaitu danau buatan dan danau alam. Danau buatan adalah danau yang dibuat oleh manusia dengan cara membendung aliran sungai. Danau buatan sering disebut waduk. Sedangkan danau alam adalah danau yang terbentuk oleh peristiwa alam, antara lain karena letusan gunung api, gerakan kulit bumi dan pelarutan batuan kapur oleh air hujan. Danau yang berukuran relatif kecil disebut telaga, rawa, paya-paya.
  4. Selat. Selat adalah perairan yang terdapat di antara pulau satu dengan pulau yang lainnya. Kedalamannya berkisar antara 200 meter sampai 1.000 meter.
Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   5 Langkah Belajar Bahasa Jerman Dasar tentang Grammar

 

Karakteristik dan Kenampakan Alam

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *