Kaum Vegetarian dan Vegan Masih Bisa Merasakan Daging

Kaum Vegetarian adalah golongan orang-orang yang tidak mengkonsumsi daging yang berasal dari hewan, unggas dan ikan, namun masih mengkonsumsi produk yang dihasilkan dari hewan seperti telur, keju, atau susu. Sedikit berbeda dengan kaum Vegen yang tidak mengkonsumsi semua yang berasal dari hewan baik itu daging, telur maupun susu.

Gaya hidup kaum vegetarian dan vegen semakin trend seiring kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat terutama untuk pola makan dengan mengurangi makanan berlemak bahkan meninggalkannya, untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya bagi tubuh.

Kabar baiknya, kaum vegetarian dan vegen masih bisa merasakan daging meskipun terbuat dari bahan-bahan nabati.

Texturized Soy Protein (TSP)

Texturized Soy Protein (TSP)

Saat ini tersedia produk yang biasa digunakan sebagai pengganti daging yang lebih dikenal dengan Texturized Soy Protein (TSP) yang terbuat dari tepung kedelai yang telah diambil kandungan lemaknya (defatted soy flour).

Textured Soy Protein berbentuk gumpalan gumpalan kecil seperti sayur yang dikeringkan dan tidak memiliki rasa. Ketika membuat masakan vegetarian, TSP harus di rendam dalam air panas untuk mendapatkan tekstur dan diberi perasa.

Texturized soy protein (TSP) adalah salah satu jenis produk daging tiruan hasil rekayasa protein yang dibuat untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik daripada daging asli namun memiliki kemiripan fungsional dengan daging dalam beberapa karakteristik seperti dalam tekstur, rasa atau warna.

Selain itu, manfaat lain dari meat analog (daging tiruan) antara lain harga yang lebih rendah dengan karakteristik gizi dan daya cerna yang sebanding, tidak membutuhkan kondisi penyimpanan yang sekompleks daging asli, memudahkan dalam pengolahan dan penyimpanan serta kualitas produk yang lebih baik.

Fungsi TSP adalah pelengkap masakan yang membutuhkan daging (sebagai pengganti daging) khususnya untuk vegetarian, seperti saus spaghetti bolognaise, burger, sup, dan lain sebagainya.

Bahan dasar TSP dari soy atau kedelai bukan terigu, jadi tidak akan menambah banyak kalori di makanan. Saat digunakan sebagai penambah daging di masakan dan sup, rasa TSP akan bercampur dengan bumbu – bumbu dan rasa daging asli, sehingga rasanya akan sama seperti daging biasa.

Salah satu produsen Textured Soy Protein (TSP) adalah Bremil yang telah mengekspor produk-produknya ke lebih dari 33 negara di seluruh dunia meliputi negara-negara di kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa, Asia, Timur Tengah dan Afrika Selatan. Selengkapnya bisa melihat di www.markaindo.co.id.

 

Texturized Soy Protein, Tepung Pengganti Daging

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *