Kepuasan Dan Loyalitas Peserta Kursus Bahasa Inggris EF

Kepuasan merupakan salah satu faktor dominan untuk lembaga pendidikan nonformal atau kursus bahasa Inggris. Kepuasan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai.

Kepuasan Dan Loyalitas Peserta Kursus Bahasa Inggris EF

Bila peserta didik merasakan kepuasan terhadap fasilitas yang diberikan maka akan timbul rasa kepuasan dan menjadi dasar terciptanya loyalitas. Seperti EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional akan lebih mementingkan kepuasan siswa yang merupakan peserta kursus khusus siswa dewasa.

EF for adults memberikan metode khusus kepada siswa dewasa dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa termasuk juga ruang kelas yang dibuat sesantai dan senyaman mungkin selama proses pembelajaran.

Bila peserta didik merasakan kepuasan terhadap fasilitas yang diberikan oleh EF, maka akan timbul rasa kepuasan dan menjadi dasar terciptanya loyalitas.

Selain itu, apabila peserta didik merasa puas dengan jasa yang diberikan maka peserta didik akan tetap memilih tempat kursus bahasa Inggris di EF serta memberikan informasi kepada teman-teman lainnya untuk dapat menggunakan jasa kursus bahasa Inggris di EF.

Dalam teori ekonomi disebutkan bahwa kepuasan konsumen adalah merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (atau hasil) yang diharapkannya. Selanjutnya kepercayaan konsumen ketika konsumen mempercayai sebuah perusahaan, mereka akan lebih suka melakukan pembelian ulang dan membagi informasi pribadi yang berharga kepada perusahaan tersebut.

Loyalitas Peserta Kursus Bahasa Inggris

Loyalitas adalah Komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang secara komitmen dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha pemasaran menyebabkan perubahan perilaku yang di lakukan oleh para pelanggan yang merasakan kepuasan yang di dapat.

Namun, untuk terciptanya peserta kursus bahasa Inggris yang loyal harus diimbangi dengan kepuasan yang diharapkan oleh para peserta didik. Atau dengan kata lain, untuk memiliki peserta didik yang loyal terhadap EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional harus diimbangi dengan kepuasan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketidakpuasan peserta didik menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas peserta didik terhadap keberadaan kursus bahasa Inggris. Selain itu juga terdapat beberapa faktor lain menurut teori yang mempengaruhi loyalitas.

Loyalitas peserta didik kursus bahasa Inggris EF sebagai ukuran yang lebih dapat diandalkan untuk memprediksi perkembangan lembaga tersebut, dibandingkan dengan kepuasan peserta didik.

Berbeda dari kepuasan yang merupakan sikap, loyalitas dapat didefinisikan berdasarkan perilaku peserta didik. Peserta didik yang loyal adalah yang menggunakan jasa secara berulang dan mereferensikan kepada orang lain dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan dari pesaing-pesaing.

The Causal Relationship between service quality, corporate image and Adult’s learning satisfaction and loyalty.

Artinya bahwa kualitas pelayanan dan citra institusi merupakan faktor utama yang menentukan tingkat kepuasan siswa kursus yang pada akhirnya mempengaruhi loyalitas siswa tersebut.

Kualitas pelayanan dan citra institusi dalam melaksanakan program EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional secara tidak langsung mempengaruhi loyalitas peserta didik melalui tingkat kepuasannya

 

Kepuasan Dan Loyalitas Peserta Kursus Bahasa Inggris EF

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *