Ketahui Denyut Jantung Normal Sesuai Tingkatan Usia

Salah satu indikator untuk mengetahui kesehatan seseorang adalah berdasarkan denyut jantung. Dengan mengetahui denyut jantung maka dapat dipantau kesehatan atau kebugaran tubuh manusia. Namun, berapakah denyut jantung normal pada umumnya?

Denyut Jantung Normal Sesuai Tingkatan Usia

Denyut Jantung Normal

Denyut jantung bisa dideteksi dan diketahui dengan sederhana melalui denyut nadi. Mengukur jumlah denyut nadi sama artinya dengan mengukur denyut jantung atau detak jantung (berdegup).

Secara umum dalam pengukuran denyut jantung dihitung berdasarkan per menit. Artinya dalam satu menit ada berapa frekuensi peredaran darah ke jantung yang menyebabkan denyutan jantung

Cara mudah menghitung detak jantung adalah lewat nadi di pergelangan tangan atau leher bagian samping. Bisa juga di siku bagian dalam atau punggung telapak kaki.

Dengan meletakkan dua atau tiga jari tangan di atas nadi tempat denyut jantung terdeteksi tersebut selama 60 detik, maka dapat dihitung jumlah detaknya. Lantas, berapa denyut jantung normal per menit?

Denyut Jantung Normal Sesuai Tingkatan Usia

Masing-masing orang memiliki jumlah denyut nadi yang berbeda satu dengan yang lain. Namun dalam dunia medis, nadi manusia rata-rata berdenyut berkisar antara 60-100 kali per menit.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah denyut nadi seseorang, salah satunya adalah usia. Menurut panduan dari Institut Kesehatan Nasional US (NIH) detak jantung normal dalam kondisi istirahat sesuai usia, sebagai berikut:

  • Usia di bawah 1 bulan: denyut jantung normal 70 sampai 190 kali per menit
  • Usia 1 sampai 11 bulan: denyut jantung normal 80 sampai 160 kali per menit
  • Usia 1 sampai 2 tahun: denyut jantung normal 80 sampai 130 kali per menit
  • Usia 3 sampai 4 tahun: denyut jantung normal 80 sampai 120 kali per menit
  • Usia 5 sampai 6 tahun: denyut jantung normal 75 sampai 115 kali per menit
  • Usia 7 sampai 9 tahun: denyut jantung normal 70 sampai 110 kali per menit
  • Usia di atas 10 tahun: denyut jantung 60 sampai 100 kali per menit

Denyut Jantung Normal

Umumnya, jantung akan berdenyut rendah jika sedang beristirahat namun akan berdetak lebih cepat saat aktif bergerak. Jantung akan berdegup lebih kencang untuk mendapatkan lebih banyak oksigen ke otot yang bekerja. Semakin kerja keras, jantung akan berdetak lebih kencang.

Selain itu, denyut jantung normal pada anak-anak cenderung lebih tinggi daripada orang dewasa. Sedangkan pada lanjut usia, denyut jantung cenderung lebih rendah.

Denyut jantung dikatakan tidak normal apabila jantung berdetak dengan irama yang tidak beraturan. Terkadang bisa lebih cepat atau lebih lambat dari kondisi normal.

Di beberapa kasus, denyut jantung yang tidak normal tersebut tidak berbahaya, akan tetapi kondisi tersebut bisa jadi sebagai tanda-tanda penyakit jantung seperti aritmia atau atrial fibrillation. Untuk itu segera periksa ke dokter jika mengalami denyut jantung yang tidak seperti biasanya.

Denyut jantung yang sehat sangat penting untuk melindungi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk jantung. Untuk itu, pastikan menjaga kesehatan jantung dengan pola makan sehat yang ramah jantung, seperti diet Mediterania (high in good fat). Gaya hidup sehat, rutin melakukan olahraga, mengurangi stres, dan menjaga berat badan tetap ideal.

 

Denyut Jantung Normal Sesuai Tingkatan Usia

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *