Sekilas tentang Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)

Mata Uang Kripto

Pertama kali muncul cryptocurrency atau mata uang kripto banyak negara menolak keberadaannya. Namun belakangan ini fenomena cryptocurrency mulai diperbincangkan dan beberapa negara maju mulai melunak untuk mengakui keberadaan industri kripto di negaranya. Lalu, apa itu mata uang kripto atau cryptocurrency?

Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)

Mata uang kripto atau cryptocurrency adalah mata uang digital yang dikembangkan dengan teknologi enkripsi dan terdesentralisasi. Oleh karena itu, uang digital ini tidak ada perantara dalam transaksi yang sedang terjadi karena pembayaran dilakukan secara peer to peer, dari pengirim langsung ke penerima

Selain itu, mata uang kripto tidak diterbitkan oleh otoritas keuangan pemerintah, sehingga tdak ada campur tangan pemerintah. Cryptocurrency mengadopsi jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain yaitu buku besar terdistribusi yang dilakukan oleh jaringan komputer berbeda-beda sehingga seluruh transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency tetap tercatat dalam sistem pada jaringannya.

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Syarat Pinjaman Di BFI Finance Serang

Mata uang kripto ini bisa dijadikan aset investasi. Meskipun di Indonesia saat ini cryptocurrency belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah, namun kepemilikan uang kripto bisa menjadi aset investasi. Perdagangan uang kripto di Indonesia diawasi oleh pemerintah melalui Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Cara memiliki mata uang kripto bisa dilakukan dengan membuka rekening pada pedagang fisik aset kripto yang berizin Bappebti. Kemudian, pemilik akun bisa melakukan verifikasi melalui aplikasi dari pedagang aset kripto. Jika verifikasi rampung, maka pemilik akun bisa memulai transaksi jual dan beli aset kripto. Pemilik akun bisa menyetor dana awal ke rekening terpisah atau menjual yang telah dikonversikan ke usd to idr

Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Mengenal Tali Plastik PP Dan PE Serta Kegunaannya

Jenis-jenis Mata Uang Kripto

Sebenarnya ada banyak jenis Cryptocurrency atau mata uang kripto, namun tidak semua bisa diperdagangkan dengan bebas. Ada sejumlah syarat sebuah mata uang kripto bisa diperdagangkan, antara lain memiliki nilai kapitalisasi pasar (market cap) yang besar dan masuk dalam transaksi bursa aset kripto dunia.

Berikut ini jenis mata uang kripto yang paling populer dalam transaksi bursa aset kripto dunia, antara lain:

  1. Bitcoin. Bitcoin adalah jenis mata uang kripto pertama sekaligus yang terbesar saat ini.
  2. Ethereum. Jenis mata uang digital ini memiliki kapitalisasi pasar kedua terbesar setelah Bitcoin.
  3. Tether menggunakan platform berbasis blockchain yang didesain untuk memfasilitasi penggunaan mata uang fiat di ranah digital.
  4. Binance Coin Binance Coin, atau BNBpertama kali melakukan penawaran perdana koin (ICO) pada 2017.
  5. XRP salah satu jenis mata uang kripto yang digandrungi investor karena lebih cepat, murah, dan ramah lingkungan.
Artikel Kumau Info lainnya yang menarik:   Membuat Tas Seminar Unik dan Berkualitas di Konveksi Tas Seminar

Cara kerja mata uang kripto

Cara kerja mata uang kripto secara sederhana dapat digambarkan saat melakukan transaksi, kedua pihak baik yang mengirim dan menerima uang kripto, akan mendapat informasi transaksi.

Transaksi ini dilengkapi juga dengan tanda tangan digital melalui private key ke dalam sistem cryptocurrency. Transaksi yang telah dikonfirmasi kemudian disimpan secara permanen. Tidak ada pihak yang bisa mengubah atau memanipulasi transaksi ini.

Hanya dengan berbekal ponsel atau PC semua orang bisa memperdagangkan Cryptocurrency ini karena mata uang kripto bisa ditransaksikan oleh siapapun di seluruh dunia.

 

Sekilas tentang Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)

You May Also Like

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.