daftar iklan mgid

Melatih Burung Paruh Bengkok Terbang dan Kembali

Melatih burung untuk diterbangkan dan kembali lagi sudah lazim diterapkan pada burung merpati atau burung dara. Namun latihan ini bisa juga diterapkan untuk burung paruh bengkok seperti jenis burung parkit.

Burung Paruh Bengkok

Melatih Burung Paruh Bengkok

Untuk melatih burung paruh bengkok membutuhkan teknik-teknik tertentu agar burung dapat mengenal diri pelatih sehingga begitu diterbangkan dia akan kembali lagi ke pelatihnya jika namanya dipanggil.

Berbeda dengan burung merpati yang hanya mengandalkan perjodohan antara jantan dan betina, begitu yang jantan dilepas jauh pun akan kembali jika betinanya dikepak-kepakkan sayapnya, dan setinggi apapun dia akan melihat dan hinggap di betinanya.

Jenis burung paruh bengkok parkit tidak demikian, harus ada kedekatan emosional antara pelatih dengan burung tersebut, selain memberi nama pada burung yang akan dilatih, melatih sejak awal burung bisa terbang adalah pilihan yang tepat agar burung memiliki ikatan batin yang kuat karena selain diajarkan untuk terbang juga diajarkan untuk hinggap ke pelatihnya.

Untuk melatih burung paruh bengkok itu banyak teori yang tidak bisa diungkapkan dan dituangkan dalam suatu catatan. Melatih itu harus ekstra sabar, ekstra sayang, dan ekstra hati-hati.

Berusaha menciptakan ikatan batin dengan burung yang kita latih itulah sebenarnya yang paling sulit saat menjadi pelatih burung sedangkan untuk terbang dan kembali lagi jika ikatan itu sudah ada pasti menjadi mudah.

Satu hal yang juga sangat penting untuk diketahui oleh para pelatih burung paruh bengkok, adalah ketaatan dalam melatih dan disliplin terhadap makanan yang diberikan kepada burung tersebut.

Ada jam-jam tertentu untuk melatih burung paruh bengkok jenis parkit Australia Sun Conure dan Hahns Macaw, mengingat jenis burung ini burung impor sehingga memiliki perbedaan cuaca dengan negara kita.

Begitu juga dengan makanan dan jenis multivitamin yang diberikannya, semua harus teratur dan disiplin diberikan agar burung dapat tetap sehat dan mudah untuk diterbangkan.

Jenis burung ini hanya bisa kita latih saat pagi dan sore saja ketika matahari belum sepenuhnya memancarkan sinarnya dan saat matahari telah condong ke barat. Dengan kondisi itu burung-burung dapat kita latih terbang dengan berbagai manuver dan ketinggian hingga mudah kita panggil untuk turun dan hingga ke kita kembali.

Seberapa lama burung itu terbang dan seberapa lama burung itu hinggap jika kita panggil adalah nilai plus yang dimiliki oleh pelatih burung paruh bengkok ini. Untuk itulah secara intensif dilatih dengan sungguh-sungguh agar burung-burung paruh bengkoknya dapat terlatih dengan baik.

Memiliki hobi sekaligus dapat melatih burung paruh bengkok adalah kebanggaan tersendiri karena memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis burung lainnya.

Apalagi sekarang sudah  ada komunitas pecinta burung sekaligus melatih buruh paruh bengkok  yang baik dan benar agar tidak terjadi kondisi burung pergi terbang jauh dan tidak kembali atau mati.

 

Melatih Burung Paruh Bengkok Terbang dan Kembali

Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *