Menggunakan Komputer Secara Ergonomik

Berkomputer atau saat menggunakan komputer dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomik merupakan solusi untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan sistem otot rangka misalnya seperti nyeri pergelangan tangan, nyeri lengan bawah, nyeri bahu, nyeri punggung bawah, dll.

Menggunakan Komputer Secara Ergonomik

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja dengan menggunakan komputer.

AREA KERJA

Atur meja sedemikian rupa seluruh perangkat seperti CPU, monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku dan piranti lainnya sehingga perangkat yang paling sering digunakan ditempatkan di posisi yang paling mudah dijangkau.

Atur pencahayaan ruang kerja dan hindari lampu yang menyorot langsung ke monitor karena akan memunculkan pantulan di layar.

KEYBOARD & MOUSE

Posisi yang salah dalam pemakaian keyboard maupun mouse dapat berakibat menimbulkan potensi gangguan pergelangan tangan. Posisikan keyboard sehingga lengan anda berada dalam posisi rileks, nyaman dan lengan bawah anda dalam posisi horisontal.

Pergelangan tangan harus lurus, tidak menekuk ke atas atau ke bawah atau ke samping kanan dan kiri. • Ketika mengetik, tangan harus ikut bergeser ke kiri atau ke kanan sehingga jari tidak dipaksa meraih tombol-tombol yang dimaksud (pergelangan tangan lurus).

Usahakan untuk menjaga pergelangan agar tetap pada posisi normal (lurus). Gerakkan mouse dengan lengan, jangan hanya menggunakan pergelangan tangan anda.

Gunakan optical mouse untuk memperoleh gerakan kursor yang lebih presisi. Hal ini dapat menurunkan ketegangan di otot lengan dan bahu.

Untuk jenis rolling-ball mouse, bersihkan mouse secara periodik karena kursor yang kotor akan mengganggu pergerakan kursor dan menyebabkan pergelangan menjadi tegang.

Pertimbangkan untuk menggunakan scroll-point mouse, sehingga gerakan scrolling di layar dapat lebih mudah dilakukan.

Pertimbangkan untuk menggunakan mouse yang lebih ergonomis dimana posisi tangan sesuai dengan posisi fisiologis.

MONITOR

Atur monitor sehingga mata anda kira-kira setinggi tepi atas layar. Monitor yang terlalu rendah atau bahkan terlalu tinggi akan menyebabkan leher dan pundak anda nyeri, jika bekerja dalam waktu yang lama.

Atur posisi sehingga jarak anda dengan monitor berkisar 45-60 cm. Monitor yang terlalu dekat mengakibatkan mata anda cepat lelah.

Posisikan monitor tepat lurus di depan anda, jangan sampai memaksa kepala anda menoleh untuk melihat layar.

Atur level brightness dan contrast monitor senyaman mungkin. Jangan terlalu redup jangan terlau terang. Ketika kondisi cahaya di ruang anda berubah, sesuaikan kembali brightness dan contrast monitor.

KURSI

Sebaiknya pilih kursi yang dapat diatur ketinggian alas duduknya dan memiliki penyangga punggung

Posisikan paha anda dalam posisi horisontal dan punggung bagian bawah anda tertopang Tambahkan bantal di bagian bawah sandaran punggung bila perlu

Gunakan kursi dengan penyangga tangan sebagai penopang saat menggunakan komputer.

Ubahlah posisi duduk secara teratur selama bekerja secara teratur karena duduk dalam posisi tetap dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat resiko terjadinya low back pain dan keluhan tungkai bawah

 

 Berkomputer Secara Ergonomik – Info Teknologi

About the Author: Kumau Info

Blogger yang ikut meramaikan dunia maya dengan informasi dan pengetahuan berdasarkan sumber terpercaya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *